Posisi Non CPNS Kemenag Lulusan SMA dan Syarat-syaratnya

CPNS Kemenag lulusan SMA memang terdengar asing, seorang lulusan SMA bisa menjadi CPNS, dan yang umum adalah di Kemenkumham, bukan Kemenag. Memang belum ada CPNS Kemenag dari lulusan SMA, tapi jangan khawatir Anda bisa bekerja di Kemenag dengan ijazah SMA.

Pengertian Kemenag

Mungkin sebagian dari Anda sering mendengarkan kata Kemenag entah di televisi, radio atau media sosial. Kemenag merupakan singkatan dari Kementerian Agama.

Tugas seorang Kemenag yaitu mengurus dan menangani segala sesuatu yang bersangkutan antara masyarakat, negara dengan agama. Apapun permasalahan yang bersangkutan dengan agama Kemenag akan berperan dan mengambil keputusan atas persetujuan presiden.


Jadi Kemenag merupakan suatu lembaga negara yang berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan pemerintah di bidang agama. Semua hasil keputusan dari Kemenag akan meminta persetujuan dari presiden. Setelah itu diserahkan kembali kepada Kemenag kemudian dilaksanakan.

Posisi Non CPNS Kemenag Lulusan SMA Serta Syarat Umumnya

PNS (Pegawai Negeri Sipil) Kementrian Agama dari lulusan SMA untuk sementara memang tidak ada. Akan tetapi untuk non CPNS Kemenag terbuka untuk Anda yang lulusan SMA, berikut posisinya dan persyaratannya.

1. Scurity

Posisi non CPNS Kemenag lulusan SMA yang pertama ialah scurity atau petugas keamanan. Meskipun bukan seorang CPNS akan tetapi untuk posisi ini mengambil peranan penting di kantor kemenag.

Menjaga keamanan serta ketertiban merupakan tugas penting dari seorang scurity. Beberapa persyaratan menjadi satpam untuk kantor Kemenag  yang harus dipenuhi.

Seperti, Pria atau wanita dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Pendidikan terakhir SMA atau SLTA, sudah memiliki sertifikat pelatihan satpam.

Untuk ijazah atau sertifikat pendidikan satpam memang penting, karena seorang satpam harus dibekali dengan beberapa latihan untuk pembekalan. Seperti latihan LBB (latihan baris berbaris) untuk melatih kedisiplinan, lari (untuk melatih fisik), kecakapan (untuk melayani masyarakat saat butuh bantuan).

Untuk syarat selanjutnya ialah diutamakan yang dapat mengemudi, karena untuk satpam yang dapat mengemudi akan dapat nilai plus. Mampu berkomunikasi dengan baik bertujuan agar seorang satpam dapat memberikan layanan jika ada masyarakat yang butuh bantuan.

Baik, rajin, teliti, tidak teledor dan sanggup bekerja dalam tim. Yang paling penting ialah bertanggung jawab dalam tugas.

2. Cleaning Servis (Tenaga Kebersihan)

Kantor yang bersih akan menimbulkan rasa nyaman dalam bekerja maka dari itu setiap kantor dibutuhkan petugas kebersihan. Untuk menjadi petugas kebersihan di lingkungan kantor kemenag cukup hanya dari lulusan SMA.

Jadi posisinon CPNS Kemenag lulusan SMA selanjutnya ialah petugas kebersihan. Dengan persyaratan sebagai berikut: pria atau wanita diutamakan masih singel atau belum menikah.

Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun, pendidikan terakhir SMA sederajat. Mampu berkomunikasi dengan baik dan jujur.

Teliti, bertanggungjawab dengan kebersihan lingkungan kantor, teliti dalam bekerja dan sanggup bekerja dalam tim. Cekatan dalam bekerja serta mau menerima kritikan atau teguran jika melakukan kesalahan.

Syarat Umum Pelamar Non CPNS Kemenag Lulusan SMA

Setelah sebelumnya membahas syarat dalam posisi yang dibutuhkan, sekarang membahas syarat umum untuk pelamar. Syarat umum biasanya tidak hanya digunakan untuk non CPNS saja akan tetapi untuk CPNS juga perlu diperhatikan.

Hanya saja ada beberapa poin yang berbeda. Berikut syarat umum pelamar bagi non CPNS Kemenag lulusan SMA yang perlu diperhatikan.

Seorang warga negara Indonesia yang memiliki pedoman bertakwa kepada Tuhan yang maha esa. Setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 serta setia kepada negara kesatuan republik Indonesia.

Bersih atau tidak pernah terkena masalah pidana (dipenjara) berdasarkan keputusan pengadilan. Bukan pengurus atau anggota dari partai politik atau terlibat politik praktis.

Membawa surat keterangan dokter bahwa pelamar dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Tidak menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lainnya.

Memiliki kualifikasi sesuai posisi yang saat ini dibutuhkan. Usia minimal 18 tahun dan saat melamar ditunjukkan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih aktif atau berlaku.

Tidak sedang bekerja atau terikat kontrak dengan perusahaan atau pihak lain. Bersedia membuat surat pernyataan bahwa pelamar tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi ASN atau PNS. Serta ditandatangani diatas materai 10.000 (dilakukan setelah lolos dalam seleksi). Pelamar hanya diperkenankan melamar pada satu pekerjaan saja dan tidak boleh lebih dari itu.

Cara Melamar Secara Online

Bagi Anda yang ingin melamar dan tidak memiliki waktu luang. Anda dapat mendaftarkan diri lewat online dengan segala kemudahan yang diberikan.

Buka situs resminya kemudian masuk ke laman tersebut, dia itu nantinya akan ada beberapa pilihan posisi yang akan Anda lamar. Setelah masuk pada laman pilihan Anda siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat.

Isi formulir yang telah disediakan oleh situs, isi sesuai dengan keaslian dokumen. Pastikan lagi bahwa semua data yang Anda masukkan benar dan sesuai.

Scan satu persatu dokumen yang disyaratkan, pastikan dokumen terlihat jelas saat discan agar data dapat segera diproses. Masukkan foto berukuran 3Ă—4 berjenis JPEG file pada laman resminya.

Setelah melakukan pengisian para pelamar diwajibkan untuk mendownload dan mencetak hasil dari pendaftaran online tersebut. Dengan tujuan sebagai tanda bukti bahwa Anda telah melakukan pendaftaran online.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Jabatan-Jabatan Paling Sepi Peminat di CPNS Malang

Urutan Jadwal Seleksi untuk Non CPNS Kemenag Lulusan SMA

Berikut urutan jadwal seleksi untuk non CPNS Kemenag lulusan SMA. Pertama pendaftaran, dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi.

Setelah hasil seleksi keluar maka para pelamar akan melaksanakan ujian tertulis dan wawancara. Kemudian berselang beberapa hari para pelamar akan mengikuti ujian praktik.

Setelah semua ujian dilaksanakan akan ada pengumuman kelulusan dan bagi pelamar yang memenuhi syarat akan dapat surat keterangan kerja. Semua jadwal akan dilakukan sesuai tanggal yang sudah ditentukan.

Untuk Anda yang hanya lulusan SMA tidak perlu berkecil hati karenaasih belum bisa melamar jadi ASN di Kemenag. Anda dapat bekerja di kantor Kemenag dengan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.

Akan tetapi untuk Anda yang ingin melamar sebagai PNS dengan hanya lulusan SMA. Anda dapat melamar pada formasi lain selain Kemenag, seperti Kemenkumham, BIN, Kemendikbud, kementerian pertanian, kejaksaan agung dan lainnya.

Untuk melamar non CPNS Kemenag lulusan SMA Anda akan melewati empat seleksi tahapan. Seperti seleksi portofolio, ujian tertulis, interview dan ujian praktik. Seleksi portofolio akan di verifikasi berdasarkan dokumen dan pengalaman dikirimkan.

Terus update berita dan informasi terbaru tentang CPNS di situs resminya https://sscn.bkn.go.id/. Anda akan mendapatkan informasi terkini tentang CPNS beserta formasi yang dibutuhkan.

Itulah beberapa posisi, syarat, cara mendaftar serta urutan seleksi untuk non CPNS Kemenag lulusan SMA yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan membantu Anda untuk mendapatkan semua informasi tentang CPNS.


Leave a Comment