Bisa Dicoba! Ini Jabatan-Jabatan Paling Sepi Peminat di CPNS Malang

Daftar formasi yang sepi peminat dianggap masyarakat bisa memberikan peluang lolos lebih besar, termasuk oleh peserta CPNS Malang. Strategi konvensional ini masih sering digunakan setiap kali akan diselenggarakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Calon peserta biasanya akan mencari informasi mengenai formasi apa saja yang kemungkinan sepi peminat di periode tersebut. Hal itu dikarenakan, calon peserta ingin menimbang-nimbang seberapa besar peluang kelolosannya.

Menanggapi hal tersebut, berikut adalah ulasan mengenai formasi sepi peminat di CPNS Malang mulai dari tahun 2018 hingga 2021. Simak hingga tuntas, ya.


Jabatan-Jabatan dengan Pelamar Paling Sedikit

Untuk diketahui, berdasarkan data pelamar CPNS Malang, di antara jabatan yang paling sepi peminat adalah sebagai berikut. Nomor 7 (tujuh) tidak ada pelamar!

1. Analis Angkutan Darat

Formasi Analis Angkutan Darat di Kementerian Perhubungan menduduki posisi pertama di jabatan sepi pelamar pengadaan CPNS Malang. Berdasarkan informasinya, hanya ada satu pelamar yang mendaftar untuk menduduki jabatan ini.

Padahal, kata pemerintah Malang, terdapat 4 kursi yang tersedia di jabatan ini. Namun, antusias masyarakat pada Analis Angkutan Darat terbilang sangat kurang.

2. Arsiparis

Serupa dengan jabatan Analis Angkutan Darat, data menunjukkan bahwa posisi Arsiparis juga hanya dilamar oleh satu orang. Untuk diketahui, jabatan di Mahkamah Agung ini tidak hanya sepi di pengadaan CPNS Malang, tetapi di rekrutmen Calon PNS Riau juga demikian.

Berdasarkan informasinya, setiap kali formasi Arsiparis dibuka, hanya akan ada beberapa orang yang melamar. Jadi, dapat dipastikan, siapa pun yang mendaftar di formasi ini, punya kesempatan lulus lebih besar daripada jabatan lainnya.

3. Analis Manajemen Lalu Lintas

Kementerian Perhubungan umumnya disebut sebagai salah satu kementerian dengan pelamar yang cukup banyak. Namun, salah satu jabatannya ini masuk dalam kategori formasi sepi peminat di rekrutmen CPNS Malang.

Bagi calon peserta dengan latar belakang pendidikan manajemen, Analis Manajemen Lalu Lintas sangat bisa dicoba. Dengan mendaftar formasi ini, peluang dan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dapat dipastikan lebih besar dari jabatan manajemen lainnya.

4. Okupasi Terapis

Setelah Kemenhub dan MA, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga punya posisi dengan jumlah pelamar sangat sedikit. Yaitu, Okupansi Terapis yang terdiri dari kategori pelaksana dan terampil.

Kedua kategori jabatan di Okupansi Terapis sebagaimana disebutkan, sama-sama kekurangan pelamar. Bahkan, tidak hanya di CPNS Malang tahun 2018 hingga 2021.

Salah satu formasi Kemenkes ini juga sepi peminat di pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil di daerah lainnya.

5. Dokter Spesialis

Selain Okupasi Terapis, Kementerian Kesehatan juga memiliki formasi sepi peminat lain, yaitu Dokter Spesialis. Dari 13 jenis jabatan untuk Dokter Spesialis, sekitar 7 jenis dari itu dilamar beberapa orang saja.

Di antaranya adalah, Spesialis Bedah Plastik, Spesialis Forensik, Spesialis Syarat, Spesialis Jiwa,  dan Spesialis Paru. Selain itu, terdapat Spesialis Patologi Anatomi dan Spesialis Rehabilitasi Medik yang juga termasuk dalam formasi sepi pelamar.

Diketahui, pemerintah Kabupaten Malang sangat membutuhkan formasi ini. Namun sayangnya, jumlah pelamar selalu sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Kasus ini juga sering terjadi di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di kota lain. Dari tahun ke tahun, formasi Dokter Spesialis sering menjadi salah satu jabatan yang sepi peminat.

6. Paramedik Veteriner

Setelah Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian juga memiliki formasi sepi peminat, yaitu Paramedik Veteriner. Diketahui, jumlah pelamar Paramedik Veteriner juga dapat dihitung dengan jari, sementara kuota yang dibutuhkan cukup banyak.

Paramedik Veteriner disebut sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan pertanian masyarakat. Namun, sangat disayangkan karena jumlah peminat formasi ini sangatlah sedikit.

7. Pekerja Sosial

Pekerja Sosial menjadi formasi yang paling sepi peminat di antara semua jabatan tadi. Dari tahun 2018 sampai dengan 2021, Pekerja Sosial hampir tidak pernah dilamar siapa pun hingga pendaftaran ditutup.

Bahkan, meskipun pendaftaran peserta diperpanjang, jabatan di Kementerian Sosial ini kerap kali kosong.

Jabatan dengan Jumlah Pelamar Terbanyak

Jika tadi adalah formasi dengan pelamar yang sepi peminat, berikut ini adalah beberapa posisi dengan pendaftar membludak. Posisi pertama diduduki oleh CPNS Pengadaan Barang dan Jasa.

Sebagai informasi, formasi ini dilamar oleh masyarakat dengan jumlah 2.372 orang. Sementara itu, kuota untuk CPNS Pengadaan Barang dan Jasa hanya berjumlah 15 orang.

Selanjutnya, Bidan adalah formasi dengan pelamar yang sangat ramai peminatnya. Seperti diketahui, di daerah Jawa Timur hingga Jawa Tengah, jabatan ini memang seringkali mempunyai jumlah pelamar terbanyak.

Di CPNS Malang sendiri, terdapat lebih dari 500 orang yang melamar jabatan ini, tepatnya 583. Sementara, kuota yang tersedia untuk Calon Pegawai Negeri Sipil formasi Bidan, hanya ada 16 posisi.

Yang tidak kalah ramai peminatnya adalah formasi Guru Matematika. Ada lebih dari 500 pelamar yang siap bersaing memperebutkan kursi jabatan ini.

Selain itu, beberapa jabatan seperti Guru Kelas, Perawat, Auditor, Pranata Hubungan Masyarakat, hingga Pranata Komputer juga mempunyai pelamar terbanyak. Kemudian, terdapat posisi Guru Agama Islam dan Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan menjadi formasi dengan pelamar yang sama banyaknya.

Memilih Formasi CPNS Sepi Peminat

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada cukup banyak kedudukan yang masih kurang peminatnya. Padahal, kedudukan tersebut sama pentingnya dengan posisi lain.

Bahkan, untuk beberapa posisi, keberadaannya sangat dibutuhkan di suatu daerah, seperti jabatan Spesialis. Untuk itu, bagi Anda yang berniat melamar di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil, formasi tadi sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Namun sebelum itu, pastikan data dan latar belakang pendidikan Anda sesuai dengan jabatan tujuan. Sebab, keefektifan memilih posisi dengan peminat sedikit akan berkurang jika latar belakang akademik peserta tidak sesuai dengan kebutuhan instansi.

Oleh karenanya, sebelum memilih beberapa opsi tadi, Anda dapat memantau syarat dan ketentuan pelamar CPNS di https://sscasn.bkn.go.id/. Selain itu, bisa juga dengan memantau beberapa laman kementerian yang menaungi jabatan-jabatan tadi.

Seperti, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Tes Fisik CPNS Kemenkumham dan Syarat Agar Bisa Lulus

Seberapa Besar Peluang Lolos di Formasi Sepi Peminat?

Sebagai informasi, lulus tidaknya peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tidak ditentukan oleh banyak/tidaknya pelamar. Namun, kembali lagi pada kompetensi yang dimiliki peserta rekrutmen.

Selain itu, syarat administrasi juga penting sebagai langkah awal menuju jabatan tersebut. Meski tidak bisa menentukan bakal jadi Calon PNS atau tidak, tetapi formasi sepi peminat dapat memberikan peserta lebih optimis.

Ini dikarenakan sedikitnya jumlah pelamar atau bahkan tidak ada pesaing satu pun. Dengan begitu, peserta hanya cukup membuktikan dirinya pantas mendapatkan jabatan tersebut dengan mempersiapkan diri sematang mungkin.

Paling tidak, peserta dapat melewati nilai ambang batas sehingga bisa membawanya lulus di seleksi kompetensi. Kemudian, peserta dapat diangkat menjadi CPNS Malang.


Leave a Comment