Selain CPNS Pertanian, Ini Instansi yang Buka Lowongan Lulusan SMK

Mengikuti seleksi CPNS Pertanian banyak dijadikan pilihan masyarakat angkatan kerja, khususnya lulusan SMK. Sebab, salah satu instansi pemerintah ini tidak pernah absen memberi kesempatan untuk lulusan tersebut setiap kali membuka lowongan.

Tahun 2021 contohnya, tersedia 4 jabatan dengan jumlah lebih dari 100 formasi untuk pelamar lulusan sekolah menengah kejuruan. Di antaranya adalah posisi Perawat Ternak, Pengelola Instalasi Ternak, Pemula-Teknisi Penelitian Perekayasaan, dan Pemula-Pemeriksa Karantina Tumbuhan.

Namun ternyata, selain kementerian pertanian, beberapa instansi lain juga kerap membuka lowongan untuk SMK sederajat. Apa saja itu?


Daftar Instansi yang Buka Lowongan untuk SMK

Berikut adalah beberapa instansi yang membuka lowongan untuk lulusan SMK sederajat. Simak hingga tuntas, ya.

1. Kementerian Perhubungan

Untuk diketahui, tahun 2021 kementerian ini memberi kesempatan pada masyarakat lulusan SMK sederajat dengan pilihan jabatan cukup banyak. Diketahui, terdapat 9 pilihan formasi dengan kuota yang dibutuhkan cukup variatif.

Secara keseluruhan, kementerian ini memberikan kuota lebih dari 600 formasi untuk lulusan sekolah menengah. Di antara jabatan yang tersedia adalah Petugas Aviation Security (Avsec), Pemula-Penguji Kendaraan Bermotor, Teknisi Listrik dan Jaringan, dan Penerbang.

Kemudian, terdapat Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, serta Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronika BPSDM Kemenhub. Selanjutnya, ada jabatan Pemula-Teknisi Penelitian dan Perekayasaan, Teknisi Sarana dan Prasarana Inspektorat dan atau Sekretariat Jenderal Kemenhub.

2. Kejaksaan Agung

Dari total 3.000 kebutuhan CPNS, Kejaksaan Agung memberikan kesempatan untuk lulusan SMK/sederajat dengan jumlah 900-an. Tepatnya, 990 formasi dengan pilihan dua jabatan di unit kerja serupa.

Di antara jabatan tersebut adalah Pengawal Tahanan atau Narapidana dan Tenaga Administrasi Penanganan Perkara. Keduanya mempunyai kuota penerimaan sebanyak 400-an peserta.

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Di antara banyaknya kementerian yang membuka lowongan untuk lulusan SMK sederajat, Kemenkumham merupakan instansi dengan kuota terbanyak. Setidaknya, ada 3.971 kuota penerimaan dibuka untuk lulusan sekolah menengah.

Meskipun kuotanya terbilang besar, pilihan jabatan yang tersedia hanyalah dua, yaitu Pemeriksa Keimigrasian dan Penjaga Tahanan. Kedua formasi tersebut nantinya akan dialokasikan ke 32 unit kerja di wilayah yang berbeda.

4. Kementerian Pertanian

Untuk diketahui, ada berbagai jabatan yang bisa jadi dibuka untuk lulusan SMK di periode 2023. Selain 4 jabatan sebagaimana telah disinggung, beberapa formasi berikut juga berkemungkinan dibuka di CPNS Pertanian.

Di antaranya adalah Pemula-Paramedik Veteriner, Pemula-Pengawas Mutu, dan Pemula-Paramedik Karantina Hewan.

Unit Kerja CPNS Pertanian

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa unit kerja yang bisa dijadikan lokasi kerja CPNS Pertanian. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Dirjen Prasarana
  • Direktorat Jenderal Tanaman Pangan
  • Dirjen Hortikultura
  • Direktorat Jenderal Perkebunan
  • Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan
  • B. Penelitian dan Pengembangan Pertanian
  • Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
  • B. Ketahanan Pangan
  • Badan Karantina Pertanian
  • Inspektorat Jenderal
  • Sekretariat Jenderal
  • Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Pertanian

Syarat CPNS Kementerian Pertanian

Untuk diketahui berikut adalah syarat-syarat pelamar CPNS Pertanian berdasarkan peraturan Badan Kepegawaian Negara. (1) Merupakan Warga Negara Indonesia yang berketuhanan Yang Maha Esa dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Kemudian, (2) memiliki kualifikasi pendidikan sebagaimana dipersyaratkan dalam pengumuman di https://cpnspertanian.go.id/. (3) Pelamar tidak pernah dipidana dengan hukuman penjara 2 tahun atau lebih serta terbebas dari kasus hukum.

(4) Peserta bukan merupakan Calon/Pegawai Negeri Sipil, anggota Polisi Resort Indonesia, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau pegawai BUMN. (5) Calon peserta tidak pernah diberhentikan dari pekerjaannya baik secara hormat bukan atas permintaan sendiri atau bahkan tidak secara hormat.

(6) Calon peserta bukan merupakan anggota politik dan bersedia tidak menjadi bagian organisasi praktis seperti demikian. (7) Calon pelamar bukan merupakan anggota organisasi radikalisme dan bersedia tidak menjadi bagian kubu tersebut.

(8) Pelamar wajib menyatakan dirinya sehat secara jasmani dan rohani, dibuktikan dengan Surat pernyataan dari tenaga kesehatan pemerintah. Baik oleh dokter atau bidan PNS.  (9) Pelamar menyatakan bersedia ditempatkan di wilayah mana pun unit kerja penempatan.

Dokumen Registrasi CPNS Pertanian

Selain memenuhi kualifikasi dari jabatan, calon pelamar juga wajib menyiapkan beberapa dokumen untuk registrasi online. Sebagai informasi, dokumen-dokumen yang dilampirkan berikut ini harus berupa berkas asli dan di-scan, kemudian diunggah dalam bentuk PDF.

Di antaranya adalah E-KTP, Akta Kelahiran, Pas Foto dengan ukuran 3 × 4, Swafoto, dan Ijazah. Kemudian, Transkrip Nilai, Surat Lamaran, Surat Pernyataan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dan Surat Keterangan Berbadan Sehat. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Berkas Lamaran CPNS Pertanian

Berikut adalah persyaratan dokumen untuk pelamar lulusan SMK Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Pertanian. Pertama, surat lamaran wajib ditujukan pada Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Lampiran boleh diketik komputer atau ditulis tangan, tetapi wajib ditandatangani di atas meterai Rp10.000 dengan bolpoin bertinta hitam. Kedua, surat pernyataan (tersedia di situs resmi CPNS Kementerian Pertanian) wajib dicetak dan ditandatangani di atas meterai Rp6.000.

Ketiga, scan E-KTP, bagi yang belum memiliki boleh menggunakan surat keterangan telah melakukan rekaman data di Dukcapil. Keempat, persyaratan dokumen kelulusan, seperti ijazah dan transkrip digabung dalam satu file maksimal 800 KB.

Untuk diketahui, bagi peserta lulusan luar negeri wajib menyetarakan ijazahnya terlebih dahulu. Selain itu, minimal rata-rata nilai ijazah pelamar adalah 7.00, berlaku untuk semua jabatan pilihan bagi lulusan SMK.

Kisi-Kisi Soal SKB CPNS Pertanian

Nah, jika tadi merupakan informasi seputar persyaratan yang harus disiapkan calon pelamar, berikut adalah pengetahuan yang wajib dipelajari. Bagi Anda yang akan mengikuti seleksi ini, kisi-kisi pengetahuan berikut wajib dengan segera dipelajari.

Di antaranya adalah Regulasi/Kebijakan Penyuluh Pertanian, Ilmu Pertanian dalam lingkup luas/umum, dan Program Penyuluh Pertanian. Kemudian, Ilmu Penyusunan Materi dan Penggunaan Media, Metode Penyuluh Pertanian, serta Prinsip Evaluasi Kegiatan Penyuluh Pertanian.

Berikutnya, Prinsip Kelembagaan Penyuluh Pertanian dan Prinsip Pengelolaan Ketenagaan Penyuluh Pertanian. Untuk diketahui, pengetahuan tersebut bisa jadi diujikan di Seleksi Kompetensi Bidang.

Dengan demikian, Anda wajib mempelajarinya dengan baik jika ingin lulus di pengadaan. Jika perlu, mulai saat ini Anda ikut bergabung dengan bimbingan belajar yang mempelajari seluk-beluk pertanian secara lebih dalam.

Baca Juga: Dokter Spesialis CPNS Mojokerto Sepi Peminat, Peluang Lolos Besar!

Siap Jadi Bagian Tenaga Harian Lepas Kementan?

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai CPNS Pertanian, bagaimana? Apakah Anda makin siap menyambut pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil yang diadakan Kementerian Pertanian?

Sebagai salah satu sumber perekonomian Indonesia, pertanian merupakan lingkungan kerja yang pantas dipilih masyarakat. Meskipun tidak semua jenis jabatan langsung terjun ke dunia pertanian, tetapi campur tangan jabatan lain, seperti penyuluh akan sangat membantu. Dengan pegawai yang punya kompetensi terbaik, pertanian Indonesia akan makin maju dan berkembang.


Leave a Comment