Ternyata, Ini Peluang dan Prospek CPNS Lulusan Psikologi di Dunia Kerja

CPNS lulusan psikologi tersebar di seluruh kota dan tempat di Indonesia sebagai penasihat atau psikolog klinis. Berikut seputar CPNS lulusan psikologi di bawah ini.

Seberapa Luas Prevalensi CPNS Lulusan Psikologi?

Sarjana psikologi bekerja dalam memberikan penyuluhan terbaik kepada pihak yang mempunyai kesehatan mental kurang baik. Kesehatan mental yang ditangani oleh seorang psikolog bisa berupa kasus ringan dan bisa juga berat.

Kasus ringan yang dihadapi seperti kenakalan remaja di sekolah dan karyawan bermasalah di kantor. Sedangkan kasus berat berupa tekanan mental dari lingkungan sehingga membuat harus dibawa ke rumah sakit.


Seseorang yang sudah mempunyai ijazah sarjana psikologi disebut sebagai psikolog. Tugasnya mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.

Ada perbedaan antara psikolog dan psikiater. Psikiater mempelajari gejala mental dari sisi medis dan susunan saraf yang memerlukan obat-obatan untuk penyembuhan.

Sedangkan psikolog mempelajari gejala mental dari segi tingkah laku, pola asuh orang tua, dan tumbuh kembang masa balita. Psikolog lebih menekankan kesehatan mental seseorang dengan terapi tanpa menggunakan obat-obatan.

Psikolog dibutuhkan perannya dalam berbagai bidang ilmu seperti bidang pendidikan dan kesehatan. Keberadaan psikolog sangat membantu dalam memecahkan masalah setiap individu sehingga menjadi lebih baik lagi.

Jumlah penduduk yang semakin banyak membuat tuntutan hidup menjadi semakin tinggi. Kondisi ini membuat banyak orang berlomba-lomba memperbaiki taraf hidupnya.

Perbaikan kualitas hidup dengan memperoleh pekerjaan yang bagus dan memiliki gaji tinggi. Persaingan yang sangat ketat menimbulkan banyak tekanan, gejolak, dan tantangan.

Semakin banyak tantangan yang dihadapi membuat berbagai masalah yang datang. Hal ini membuat masalah tersendiri bagi setiap pribadi.

Untuk mengatasi masalah ini keberadaan seorang psikolog sangat diperlukan. Psikolog bisa membantu dalam memberikan solusi terhadap tekanan yang ada sehingga menjadi lebih ringan.

Psikolog membimbing Anda mengatasi stress akibat pekerjaan. Pendampingan akan selalu diberikan selama masa konsultasi.

Prospek Kerja CPNS Psikologi

Sarjana psikologi memiliki prospek kerja yang sangat tinggi di dunia kerja seperti CPNS lulusan psikologi. Dewasa ini, kesehatan mental manusia sangat rapuh karena banyak tekanan di dalamnya.

Persaingan yang ada menuntun manusia menjadi makhluk yang sempurna. Kondisi ini membuat sarjana psikologi banyak dibutuhkan keahliannya.

Sarjana psikologi mempunyai keahlian dalam menganalisis perilaku dan kepribadian yang ada dalam masyarakat. Ada beberapa bidang yang bisa diisi oleh lulusan psikologi yaitu:

1.  CPNS Psikologi Jabatan Fungsional Dosen

Profesi pertama yang bisa diisi oleh CPNS lulusan psikologi adalah menjadi seorang dosen. Bidang ini cocok untuk orang yang menyukai sistem mengajar, sehingga bisa mulai berkarier di bidang pendidikan.

Anda harus menjadi CPNS lulusan psikologi terlebih dahulu supaya bisa mengajar di jurusan ini. Siapapun juga bisa mengikuti tes CPNS lulusan psikologi yang dibuka setiap ada penerimaaan pegawai negeri sipil.

Syarat menjadi dosen harus menyelesaikan studi minimal pendidikan pascasarjana. Anda bisa menyesuaikan dengan jenjang pendidikan yang dimiliki.

2.  Musik Therapist

Musik terapis merupakan salah satu mata kuliah yang ada di jurusan psikologi. Jika Anda suka bermain musik profesi ini bisa menjadi pilihan.

Jika Anda menjadi seorang musik therapist, tugas yang akan dijalankan adalah memberi perubahan positif perilaku dengan musik. Musik diharapkan memberikan perubahan positif terhadap perilaku manusia dengan langsung berinteraksi dengannya.

Terapi menggunakan musik dilakukan dengan bermacam instrumen musik. Pasien bisa membentuk bahasa musik tersendiri dengan bantuan irama lagu yang didengar.

Tehnik ini diyakini ampuh untuk mengeluarkan emosi tersembunyi. Bahasa tubuh yang tidak keluar juga akan bisa diekspresikan secara verbal.

3.  Asisten di Kantor Psikiater

Profesi selanjutnya yang cocok bagi CPNS lulusan psikologi adalah asisten di kantor atau klinik psikiater. Bidang ilmu ini sangat cocok bagi dokter yang mendalami spesialisasi gangguan mental.

Persoalan jiwa yang berat atau ringan bisa diatasi oleh seorang psikolog. Jika bekerja di pemerintahan harus melewati tes CPNS lulusan psikologi.

Psikiater juga harus mendalami ilmu obat-obatan serta terapi yang cocok bagi pasien gangguan mental. Anda juga harus mempelajari metode penanganan yang baik bagi setiap pasien.

4.  Psikologi Forensik

Profesi ini juga bisa diisi oleh CPNS lulusan psikologi. Psikolog juga dibutuhkan dalam dunia hukum dan ketahanan negara.

Dalam bidang hukum psikolog harus jeli mengamati perilaku tersangka suatu kasus. Hasil analisa psikolog akan dijadikan rujukan untuk memprediksi tingkah laku tersangka.

5.  Headhunter

Headhunter merupakan profesi dalam merekrut pekerja baru. Kerja seorang headhunter adalah di suatu perusahaan.

Tugasnya adalah memilih dan menentukan mana karyawan yang bagus dan berkualitas. Caranya adalah dengan memberikan tes dan wawancara secara langsung kepada calon karyawan.

Profesi ini biasanya menawarkan kepada suatu perusahaan jasa pencarian karyawan yang baik. Gaji yang ditawarkan juga sangat tinggi.

6.  CPNS Psikologi Jabatan Fungsional Konselor

Konselor juga memerlukan latar belakang lulusan psikologi. Tugas seorang konselor adalah memberikan konseling kepada para klien.

Perusahaan sangat memerlukan seorang konselor di dalamnya. Anda akan bisa berperan dalam memberikan edukasi konseling sehingga karyawan bisa bertugas dengan baik

Konselor juga bisa bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM. Serta bisa mengatasi konseling dari usia muda hingga tua.

Karier ini sangat menjanjikan karena memiliki gaji yang tinggi. Anda harus tekun menjalani profesi ini jika ingin hasil yang terbaik.

7.  Human Resource Development

HRD merupakan pekerjaan yang banyak diincar oleh lulusan psikologi. Anda akan bekerja di bagian sumber daya manusia di suatu perusahaan.

HRD menjanjikan gaji yang memuaskan. Ada beberapa bidang yang termasuk ke dalamnya yaitu training, development, dan recruitment.

8.  Terapis Anak Kebutuhan Khusus

Profesi lain yang bisa membuka lowongan kerja bagi lulusan psikologi adalah terapis anak berkebutuhan khusus. Contoh anak berkebutuhan khusus yang memerlukan terapi yaitu anak pengidap autis.

Anda bisa bekerja di LSM dan sekolah khusus. Tugas Seorang terapis adalah memperhatikan perkembangan anak dalam meningkatkan kemandiriannya.

Terapis harus memiliki jiwa sabar yang tinggi. Kepedulian terhadap anak-anak spesial membuat mereka merasa nyaman dan tenang.

Terapis bisa menolong seorang anak berkebutuhan khusus untuk lebih mandiri dan berdikari.

Baca Juga: CPNS Dokter Hewan Indonesia Banyak Berasal dari Kampus Ini Lho!

Selalu Cek Formasi Jurusan CPNS Lulusan Psikologi

CPNS lulusan psikologi bisa mengisi berbagai pilihan profesi untuk memaksimalkan ilmu yang telah dipelajari.  Caranya tinggal memilih mana yang sesuai minat dan spesifikasi yang Anda inginkan.

Anda juga bisa berkarir di bidang swasta dan pemerintahan. Jika memilih berkarir di suatu perusahaan swasta maka harus mengikuti rekrutmen pegawai.

Anda akan dihadapi berbagai tes dan wawancara kerja dengan pihak perusahaan. Persiapan harus dilakukan dengan sebaiknya supaya bisa melewati tes tersebut.

Jika Anda memilih karir di pemerintahan maka seleksi yang harus diikuti adalah tes CPNS supaya menjadi abdi negara.

Tes CPNS mensyaratkan beberapa hal diantaranya warga negara Indonesia, lulusan psikologi, berkelakuan baik, dan tidak terlibat narkoba. Anda akan mengikuti tes yang sudah disiapkan dan harus melewati passing grade yang ditentukan.

Anda bisa mulai melengkapi syarat yang diperlukan. Jangan lupa juga mempelajari kisi-kisi soal tahun sebelumnya untuk memprediksi soal tes nantinya. Perkiraan tahun 2022 ini tes akan kembali dibuka bulan Juni. Persiapkan diri Anda dalam mengikuti tes PNS tersebut.


Leave a Comment