UUD 1945 dan Amandemen di Tes CPNS Tentang Pendidikan

UUD 1945 dan Amandemen merupakan salah satu materi yang ada dalam tes CPNS dan meskipun cukup familiar tetapi banyak yang gagal juga di soal-soal tersebut. Materi ini biasanya muncul untuk mengetes seberapa banyak pengetahuan peserta tes CPNS mengenai negaranya sendiri. Sebaiknya sebelum menjalani tes CPNS, para peserta mempelajari terlebih dahulu materi ini. Materi ada dalam buku pelajaran anak-anak yang masih sekolah dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Contoh Soal Materi UUD 1945 dan Amandemen

Ada banyak contoh soal tentang di buku atau internet. Para peserta yang akan ikut tes CPNS bisa belajar secara online atau membeli buku yang membahas soal-soal untuk tes CPNS. Berikut beberapa contoh soal yang bisa dipelajari.

Macam dan harga mata uang ditetapkan dalam UUD 1945 pasal…

A. 23A


B. 23B

C. 23C

D. 23D

JAWAB: B

Pembahasan soal UUD 1945 dan Amandemen : pasal 23B memuat tentang macam dan harga mata uang yang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku. Dasar hukum tentang mata uang ada dalam UU no. 7 tahun 2011 tentang mata uang yang berlandaskan dari pasal 23B UUD 1945.

Menurut Pasal 1 UUD 1945 hasil amandemen, pihak Majelis Perwakilan Rakyat tidak lagi memiliki wewenang untuk melakukan kedaulatan rakyat secara penuh dikarenakan…

A. Kedaulatan berada di tangan rakyat

B. Kedaulatan sepenuhnya dilakukan melalui pilpres langsung

C. Kedaulatan berada ditangan legislatif dan presiden/wapres

D. Kedaulatan berada di tangan Mahkamah Konstitusi

JAWAB: A

Pembahasan soal UUD 1945 dan Amandemen : meskipun MPR merupakan perwakilan rakyat, kedaulatan tetap berada di tangan rakyat sepenuhnya. MPR hanya menjadi sekedar perwakilan yang seluruh kebijakannya tetap bersumber dari aspirasi rakyat.

Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan. Hal ini tercantum dalam UUD 1945 pasal…

A. 31 ayat 1

B. 31 ayat 2

C. 31 ayat 3

D. 31 ayat 4

JAWAB: A

Pembahasan soal UUD 1945 dan Amandemen : pasal 31 ayat 1 dalam UUD 1945 menerangkan bahwa semua warga negara mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan. Hal ini mutlak tercantum dalam konstitusi negara, karena itu pendidikan dapat dirasakan oleh semua warga tanpa pandang bulu.

Kewajiban setiap warga negara untuk mengikuti pendidikan dasar yang dibiayai oleh  pemerintah, tercantum dalam UUD 1945 pasal…

A. 31 ayat 1

B. 31 ayat 2

C. 31 ayat 3

D. 31 ayat 4

JAWAB: B

Pembahasan soal UUD 1945 dan Amandemen : dalam pasal 31 ayat 2 UUD 1945 tertulis jelas bahwa pemerintah yang wajib membiayai seluruh pendidikan dasar semua warga negaranya. Oleh karena itu, pendidikan dasar tidak membutuhkan biaya atau gratis bagi setiap warga masyarakat.

Kebudayaan nasional Indonesia terdapat dalam pasal 32 ayat 1 yang berbunyi…

A. Hak setiap warga untuk mendapatkan pengetahuan kebudayaan Indonesia.

B. Negara Indonesia dilandasi oleh beraneka ragam budaya

C. Negara turut serta dalam usaha memajukan kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia di tengah peradaban dunia dengan cara menjamin kebebasan masyarakat dalam kegiatan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang dimilikinya.

D. Negara turut serta menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai wujud menjaga kekayaan budaya nasional.

JAWAB: C

Pembahasan soal UUD 1945 dan Amandemen : pernyatan tersebut sudah jelas ada dalam pasal 32 ayat 1 UUD 1945 yang menerangkan bahwa negara turut andil dalam melestarikan budayanya.

Itulah beberapa contoh soal materi tentang UUD 1945 yang sudah diamandemen yang biasanya muncul dalam tes CPNS. Selalu pelajari dengan sungguh-sungguh agar pelaksanaan tes dapat dilewati dengan hasil yang baik.


Leave a Comment