20 Daftar Formasi CPNS untuk Lulusan SMK dari Jurusan Berbeda

CPNS untuk lulusan SMK banyak disediakan oleh beberapa instansi pemerintah saat rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil diselenggarakan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jabatan yang tersedia dengan syarat akademik SMK bisa dilamar semua orang.

Untuk diketahui, beberapa lembaga pemerintah menetapkan syarat jurusan tertentu sebagai kualifikasi pendaftarnya. Lantas, jurusan apa saja di sekolah menengah kejuruan yang banyak dibutuhkan di pengadaan?

Jabatan-Jabatan CPNS untuk Lulusan SMK

Berikut adalah beberapa formasi yang bisa dilamar peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan pendidikan terakhir SMK. Simak hingga tuntas!


1. Pengadministrasi Keuangan di Kemendikbud

Pengadministrasi Keuangan adalah salah satu jabatan CPNS untuk lulusan SMK yangdisediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Formasi ini dapat dilamar oleh lulusan sekolah menengah kejuruan dengan jurusan Akuntansi atau Administrasi Perkantoran.

2. Teknisi Laboratorium di Kemendikbud

Tidak hanya Pengadministrasi Keuangan, formasi Teknisi Laboratorium juga tersedia untuk pendaftar seleksi dengan latar belakang pendidikan SMK. Namun, harus diketahui bahwa posisi ini mensyaratkan pelamarnya berasal dari jurusan Teknik Kimia.

3. Teknisi Pemetaan dan Penggambaran di Kemendikbud

Satu lagi formasi yang sering dibutuhkan di CPNS Kemendikbud dengan kualifikasi sekolah menengah kejuruan. Adalah Teknisi Pemetaan dan Penggambaran yang dibuka untuk pelamar dari jurusan Teknologi dan Rekayasa.

4. Pemula-Paramedik Veteriner di Kementan

Bagi peserta yang berasal dari jurusan Peternakan, salah satu jabatan di Kementerian Pertanian atau Kementan ini dapat dijadikan pilihan. Untuk diketahui, posisi ini sering masuk dalam daftar formasi yang sepi peminat sehingga peluang lolos peserta kemungkinan lebih besar.

5. Pemula-Paramedik Karantina Hewan di Kementan

Masih dari Kementan, posisi Pemula-Paramedik Karantina Hewan juga disediakan untuk para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil dari jurusan Peternakan. Meskipun kuota lowongan yang disediakan tidak terlalu banyak, tetapi posisi ini cukup diminati masyarakat.

6. Pemula-Pengawas Mutu Pakan di Kementan

Selain dua jabatan sebelumnya, lulusan SMK Peternakan juga bisa memilih formasi Pemula-Pengawas Mutu Pakan di rekrutmen Calon PNS Kementan. Namun untuk diketahui, posisi ini biasanya dibuka di setiap rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil diadakan.

7. Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan di Kementan

Jika pelamar CPNS Kementan berasal dari sekolah menengah kejuruan jurusan Pertanian, posisi Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan dapat dijadikan alternatif. Selain posisi tersebut, lulusan SMK Pertanian juga bisa memilih formasi Pemula-Pengendali Benih Tanaman di seleksi calon Aparatur Sipil Negara.

8. Juru Minyak di Kemenkeu

Sebagai informasi, posisi Juru Minyak akan dialokasikan ke unit kerja Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Posisi ini tersedia untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika.

9. Juru Mudi

Peserta dengan pendidikan akademik jurusan Pelayaran Nautika dibutuhkan untuk mengisi jabatan Juru Mudi. Salah satu instansi CPNS untuk lulusan SMK yang membuka lowongan ini adalah Kementerian Keuangan. Selain di Kemenkeu, Juru Mudi di Bakamla juga dibuka untuk lulusan Pelayaran Nautika.

10. Jenang Kapal

Sebagai informasi, posisi Jenang Kapal banyak dibutuhkan di instansi pemerintah yang punya unit kerja di Pelabuhan. Contohnya, di Kementerian ESDM hingga Bakamla.

Untuk diketahui, posisi ini tersedia dengan berbagai tingkatan dan diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan Tata Boga.

11. Pengamat Gunung Api

Pengamat Gunung Api adalah formasi CPNS untuk lulusan SMK di Kementerian ESDM dengan tugas mengukur gejala aktivitas gunung merapi. Lowongan ini dibuka dengan menetapkan kualifikasi jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik, Teknik Elektronika Industri, dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

12. Bosun di Bakamla

Bosun atau sering disebut dengan Kepala Kelasi adalah salah satu formasi di Badan Keamanan Laut. Posisi ini bertugas untuk membantu Perwira Kapal dalam menjaga kebersihan area kapal dan peralatan yang ada di dalamnya.

Jabatan ini dapat dilamar oleh masyarakat dengan background akademik sekolah menengah kejuruan jurusan Pelayaran Nautika.

13. Kasap Deck Kapal

Umumnya, jabatan Kasap Deck Kapal dibutuhkan di Bakamla. Namun, instansi lain yang mempunyai unit kerja di pelabuhan, seperti Kementerian Perhubungan juga mempunyai lowongan formasi ini.

Sebagai informasi, ada dua jenis jabatan Kasap Deck Kapal yang dibutuhkan Bakamla. Di antaranya adalah Kasap Deck Kapal Kelas I dan Kelas II.  Kriteria pelamar jabatan ini adalah orang-orang lulusan  Pelayaran Nautika.

14. Markonis

Markonis adalah posisi CPNS untuk lulusan SMK Pelayaran yang disediakan oleh Bakamla. Serupa dengan rata-rata jabatan di instansi yang bertugas mengamankan wilayah laut, jabatan Markonis juga punya tingkatan.

Yaitu, Markonis, Markonis Kapal Kelas I, dan Markonis Kapal Kelas II. Meski begitu, kualifikasi akademik untuk jabatan yang bertugas melayani telekomunikasi kapal tetap sama, yaitu Pelayaran Nautika.

15. Oiler di Bakamla

Oiler merupakan jabatan CPNS untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika di Badan Keamanan Laut. Biasanya, jabatan ini selalu dibuka setiap pengadaan resmi diadakan oleh pemerintah.

16. Konstabel Kapal di Bakamla

Bagi calon peserta dari jurusan Teknik Mesin, posisi Konstabel Kapal yang tersedia dalam beberapa golongan bisa dijadikan pilihan. Calon pelamar bisa memilih jabatan di Kapal Kelas I, Kelas II, atau Kelas III dengan memenuhi kriteria yang ditetapkan.

17. Pemeriksa Pelumas Mesin Kapal di Bakamla

Pegawai yang bertugas di wilayah perairan, jelas akan membutuhkan keamanan ekstra. Oleh karenanya, segala sesuatunya harus dipastikan tidak bermasalah.

Setelah posisi Oiler hingga Konstabel, formasi Pemeriksa Pelumas Mesin Kapal juga dibutuhkan di Bakamla. Kriteria pelamar posisi ini adalah lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan Teknika.

18. Perawat Mesin Kapal di Bakamla

Masih dari Badan Keamanan Laut, formasi Perawat Mesin Kapal disediakan instansi ini untuk pelamar dengan jurusan Teknika. Untuk diketahui, kuota formasi lowongan ini biasanya tidak terlalu banyak.

Namun, meski jumlah kebutuhan terbilang kecil, kesempatan untuk lulus di instansi ini dapat dikatakan cukup besar. Sebab, jumlah pendaftar formasi ini tidak terlalu banyak.

19. Juru Motor dan Juru Mesin

Juru Motor dan Juru Mesin adalah dua formasi CPNS untuk lulusan SMK Pelayaran Teknika yang bertugas di bagian mesin. Kedua jabatan ini biasanya mempunyai kuota lowongan cukup banyak dibanding posisi lain di Bakamla.  Oleh karena itu, kesempatan lolos berkemungkinan lebih besar.

20. Juru Masak Kapal

Jika tadi merupakan formasi yang rata-rata bertugas di bagian mesin kapal, jabatan ini bertugas di bidang konsumsi. Posisi ini tersedia untuk pendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan kualifikasi SMK Tata Boga.

Memilih Jabatan yang Sesuai Kualifikasi

Dari informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar posisi CPNS untuk lulusan SMK ada di Bakamla. Sebagai informasi, selain posisi tadi, masih banyak pilihan formasi yang tersedia di instansi pemerintah ini untuk lulusan SMK.

Di antaranya, Kerani, Kelasi Kapal, Serang Kapal, dan lain sebagainya. Selain di Bakamla, lembaga lain pun mempunyai posisi yang dikhususkan bagi peserta lulusan sekolah menengah kejuruan dengan jurusan tertentu.

Untuk diketahui, penting bagi peserta melihat terlebih dahulu kriteria pelamar dan memilih formasi sesuai dengan kualifikasinya. Sebab, kesesuaian formasi akan menentukan lulus tidaknya pelamar di seleksi administrasi CPNS.

Guna mengetahui kualifikasi pendaftar, kunjungi https://sscasn.bkn.go.id dan cari pengumuman syarat pelamar di berbagai instansi. Semoga berhasil!


Leave a Comment