5+ Informasi Tentang Batas Waktu Pemberkasan CPNS Kemenkes 2022

Tepat tanggal 31 Januari 2021, Kemenkes memublikasikan pengumuman Nomor KP.01.02/1/0653/2022 tentang CPNS Kemenkes. Lampiran tersebut memuat informasi mengenai batas waktu pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada CPNS Kemenkes 2021.

Dalam surat tersebut, terdapat enam poin yang menjadi kewajiban dan kewenangan peserta sebelum dan setelah diangkat menjadi PNS. Pengumuman tersebut juga menjadi pemberitahuan bahwa tahap CPNS 2021 hampir selesai.

Peserta lulus diwajibkan mengirim DRH dan berkas lainnya sebelum waktu yang telah ditentukan di tanggal 05 Februari. Jika sudah menginput datanya, tinggal menunggu NIP turun dan peresmian sebagai PNS baru dilaksanakan.


Jika tahapan terakhir, yakni pengangkatan ASN sudah dibuka, dipastikan informasi mengenai CPNS Kemenkes juga akan menjadi pusat pencarian. Namun, meski hari ini informasi pendaftaran CPNS belum diberitahukan, informasi mengenai CPNS Kemenkes sudah bisa diakses.

Secara resmi, Menpan RB menyatakan bahwa seleksi CPNS tahun 2022 tetap dibuka, tetapi dalam jumlah terbatas. Tidak ketinggalan, Kementerian Kesehatan juga membuka beberapa lowongan yang bisa diisi oleh WNI yang memenuhi kualifikasi.  Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Memahami Tentang Skema CPNS Kemenkes 2021

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pendaftaran dan informasi mengenai CPNS di Kemenkes, ada baiknya mengenal lebih dulu gambaran Kemenkes. Kementerian Kesehatan atau Kemenkes merupakan departemen pemerintahan yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, baik sebagai penyuluh, pengetes, atau pendidik.

Sementara itu, CPNS sendiri adalah sistem perekrutan WNI menjadi Aparatur Sipil Negara yang bertanggung jawab bukan hanya pada satu lingkungan, melainkan seluruh Indonesia. Ketika CPNS dinobatkan sebagai Pegawai Negeri Sipil, PNS wajib bersedia melaksanakan tugasnya di mana pun ditempatkan.

Dengan dasar ini, WNI yang telah atau akan diangkat menjadi PNS harus punya komitmen kuat dan berintegritas. Jika tidak, WNI tersebut akan dikenakan sanksi sebagaimana yang telah ditetapkan dalam peraturan kerja bagi ASN.

Besaran Gaji PNS

Jika dilihat dari beban pekerjaannya, hal itu terlihat sangat sulit. Terlebih jika seorang PNS harus bertugas di luar kota atau bahkan luar negeri, sedangkan keluarganya tidak ikut.

Meski begitu, rekrutmen CPNS selalu menjadi informasi yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Setiap kali resmi dibuka, pesertanya selalu saja membludak.

Dari itu, tidak heran juga jika proses seleksi ini mengharuskan peserta melakukan tahapan dengan siap dan sabar. Siap jika terdapat pengumuman tiba-tiba dan sabar menunggu untuk setiap kabar selanjutnya.

Bagi sebagian masyarakat, PNS menjadi jabatan yang paling diimpikan karena dianggap punya jaminan masa depan yang cerah. Bukan hanya karena tunjangan pensiunan, tetapi juga gaji setiap bulannya.

Berdasar tabel gaji PNS, besaran gaji PNS berkisar antara Rp1.5 juta hingga Rp6 juta per bulannya. Gaji itu belum termasuk tunjangan untuk PNS, tunjangan anggota keluarga (bagi yang sudah berkeluarga), dan kenaikan, serta tunjangan lainnya.

Karena itulah, tidak heran jika makin banyak saja orang yang bercita-cita menjadi PNS. Terlepas dari niat mengabdi untuk bangsa dan negara.

Tugas Kemenkes yang Wajib Dipahami CPNS Kemenkes

Setelah melihat besaran gaji PNS, ulasan berikutnya adalah seberapa besar tugas PNS, dalam hal ini PNS Kemenkes. Hal ini berguna agar setiap orang yang punya keinginan berkecimpung di Kementerian Kesehatan, lebih paham akan tanggung jawabnya.

Berdasar Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 64 Tahun 2016 dalam Pasal 3 tentang Tugas Kementerian Kesehatan. Tugas Kemenkes adalah menyelenggarakan urusan pemerintahan di lingkup kesehatan dan membantu presiden melaksanakan tugas negara.

Dari tugas itu, terdapat beberapa fungsi Kemenkes, di antaranya perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan soal kesehatan masyarakat. Selain itu, pegawai yang bekerja di lembaga ini juga berkewajiban mengoordinasikan pelaksanaan tugas, membina, dan memberi dukungan administrasi.

Tidak hanya itu, pegawai juga punya tugas membimbing teknis dan supervisi atas terlaksananya urusan Kemenkes di daerah-daerah. Selain ketiga tugas itu, masih banyak lagi tugas-tugas anggota Kemenkes.

Formasi Jabatan di Kemenkes

Di laman resminya, tertera bahwa formasi CPNS ada 3, yakni tenaga teknis, tenaga dosen, dan tenaga kesehatan. Mengenai formasi jabatan yang bisa diisi di lembaga ini cukup banyak, di antaranya apoteker, dokter, dosen, nutrisionis, dan perawat.

Selain itu, terdapat pula jabatan teknisi elektro, fisioterapis, perekam medis, dan lain sebagainya. Dari formasi tersebut, terdapat lebih dari 50 unit kerja yang bisa menampung susunan jabatan.

Salah satu pengalokasiannya pada 33 posisi di Balai PPSDM Kesehatan. Kemudian, terdapat 5 tempat di Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dan lain-lain.

Syarat Ikut CPNS Kemenkes

Persyaratan umum mengikuti CPNS Kemenkes serupa dengan kementerian lainnya. Namun, terdapat syarat khusus bagi peserta yang akan mendaftar satu bidang tertentu.

Misalnya, untuk jabatan bidan, dokter, apoteker, nutrisionis, dan beberapa pelayan kesehatan lain harus bersedia ditempatkan di Nota Kesepahaman. Selain itu, penerima jabatan juga siap melaksanakan tugas sesingkat-singkatnya 5 tahun sejak diangkat di tempat tersebut.

Mekanisme CPNS Kemenkes

Sistem di seleksi CASN formasi Kemenkes sama dengan kementerian lain juga. Dari mulai pendaftaran akun, pemenuhan administrasi, seleksi kompetensi, dan lain-lain.

Mengenai dokumen yang diperlukan, sebagaimana disebut di atas, serupa dengan CPNS kementerian lain. Adapun pendaftarannya, bisa dilakukan di www.casn.bkn.go.id sedangkan informasinya bisa dilihat berkala di www.casn.kemkes.go.id.

Siap Menyambut CPNS 2022?

Belum resmi dibukanya pendaftaran CPNS bukan berarti saat ini Anda harus tenang-tenang saja. Bagi yang berminat masuk ke bidang pelayanan kesehatan di Kemenkes, wajib tahu apa-apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Sebab, menjadi Pegawai Negeri Sipil bukan sekadar menikmati hasil gaji, tetapi tentang pengabdian luar biasa demi kesehatan masyarakat. Menyiapkan diri dengan meluaskan pengetahuan merupakan satu hal yang penting sebelum yakin memutuskan terjun ke hal tersebut.

Dalam hal ini, masuk ke dunia pemerintahan terkhusus bidang kesehatan. Terlebih, kesempatan besar yang diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) khusus untuk lulusan baru.

Bagi Anda lulusan baru sekolah kedinasan, manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya. Meski peserta kemungkinan tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, bukan berarti Anda bisa bersantai ria. Ayo, tingkatkan kembali wawasan dan kompetensi, baik umum maupun khusus bidang kesehatan. Makin bersiap menyambut CPNS 2022.


Leave a Comment