8941 Formasi CPNS 2022 Hanya untuk Sekolah Kedinasan

Banyak yang menjadi salah informasi perihal formasi CASN 2022 sebagai formasi CPNS 2022, padahal keduanya berbeda. Untuk itu, mengetahui hal ini, berikut adalah informasi seputar formasi tahun ini untuk CPNS 2022.

Cek Perincian Formasi CPNS 2022

Formasi CPNS 2022 beserta PPPK sudah diumumkan oleh pemerintah, formasi CPNS khususnya banyak menyita perhatian. Tahun ini CPNS 2022 tidak seutuhnya dibuka, hanya pada beberapa bagian seperti sekolah kedinasan saja.

Jika ditotal, tahun ini kebutuhan rekrutmen untuk formasi CPNS 2022 adalah 8941 yang mana tidak ada formasi pelamar umum. Tahun ini seperti yang sudah diketahui, tidak ada formasi untuk pelamar umum CPNS seperti tahun kemarin.


Di dalam formasi CPNS 2022 untuk bagian pendidikan kedinasan saja sudah sangat jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut karena jumlah kebutuhan dilapangan menunjukkan angka lain untuk CPNS.

Sehingga, formasi CPNS 2022 tidak banyak dibuka untuk tahun ini, sedangkan formasi rekrutmen lainnya seperti CASN banyak. Seleksi CPNS tahun ini pun dibuka pada Sekolah Kedinasan dengan kuota tadi yang sudah dijelaskan diawal.

Meski begitu, seleksi tetap berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku meski hanya pada ranah Sekolah Kedinasan saja. Seleksi tersebut dibuka secara online mulai pukul sembilan pagi Waktu Indonesia Barat, 9 April hingga 30 April.

Ada sekitar delapan instansi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran sejumlah Formasi CPNS 2022 yang sudah ada. Mulai dari kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Hukum dan HAM, juga Kementrian Perhubungan ynag bisa dipilih.

Dengan adanya kenyataan ini, diharapkan peserta mengikuti tes dengan baik dan benar, serta tertib mengikuti peraturan. Agar seleksi dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apa pun yang berarti bagi penyelenggara maupun peserta.

Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal mengenai seleksi CPNS tahun 2022 yang diselenggarakan melalui jalur Sekolah Dinas.

Hal-Hal Mengenai Rekrutmen CPNS 2022

Karena masih banyak yang tidak mengetahui informasi seputar CPNS juga formasi CPNS 2022, maka berikut adalah informasinya. Anda juga bisa mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti seleksi CPNS tahun ini.

1. Formasi Total Bukan Hanya CPNS

Banyak berita yang mengarahkan audiens atau penonton mengetahui formasi CPNS 2022 adalh satu juta lebih. Padahal hal tersebut adalah salah, formasi dengan jumlah tersebut adalah keseluruhan, bukan hanya CPNS saja.

Formasi tersebut paling banyak adalah untuk pendaftaran PPPK 2022 dimana ada sebagai 1.035.811 kebutuhan. Sedangkan CPNS tahun 2022 hanya dibutuhkan sekitar 8.941 orang saja, itu pun tidak dari pelamar umum.

Jadi, yang benar adalah data formasi seleksi hingga 1.0800 an bukan formasi tes CPNS, tetapi PPPK 2022. CPNS 2022 tidak memiliki formasi sebanyak itu karena ketentuan terbaru atas pelaksanaan tes tahun ini.

2. Tes Diselenggarakan Daring

Salah satu persyaratan melakukan tes CPNS 2022 untuk seleksi Sekolah Kedinasan adalah tes diselenggarakan secara daring. Peserta harus memiliki akun dengan cara melakukan registrasi pada laman yang disediakan.

Registrasi tersebut dilakukan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan juga Nomor Kartu Keluarga. Peserta tinggal melengkapi data seperti nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, email, dan password.

Setelah akun dibuat, peserta dapat mengunggah pass foto berlatar merah kemudian mencetak kartu informasi akun. Setelah selesai, Anda bisa melakukan log in SSCN untuk mendapatkan informasi terkait seleksi tersebut.

Tes dilakukan secara online awalnya disebabkan karena kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang tidak kunjung usai. Untuk mencegah hal tersebut terus melambung dan menular, pemerintah mengadakan tes yang memperhatikan prokes.

3. Seleksi Melalui Sekolah Kedinasan

Seperti yang sudah diketahui, formasi CPNS 2022 tersebut ada untuk lulusan SMA dan SMK dengan berbagai jurusan. Di mana seleksi tersebut sudah diadakan sejak 9 April 2022 hingga 30 April 2022 pukul 09.22 WIB yang lalu.

Ada sekitar delapan instansi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran CPNS 2022 secara online melalui portal. Mulai dari Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Keuangan, Kementrian Hukum dan HAM, juga Badan Pusat Statistik.

Fakta tersebut mendorong masyarakat yang akan mendaftar merasa memiliki kesempatan yang besar untuk diterima. Dengan jumlah kuota terbatas, strategi pemerintah melakukan seleksi melalui Sekolah Dinas adalah solusi yang ditawarkan.

4. CPNS Berbeda dengan CASN dan PPPK

Akibat banyaknya pemberitaan mengenai hal ini, banyak masyarakat yang ternyata masih belum paham perbedaan hal tersebut. Mulai dari CPNS di mana artinya adalah Calon Pegawai Negeri Sipil yang umum ditelinga.

PNS adalah seorang WNI yang diangkat sebagai pegawai ASN secara tetap oleh pejabat dengan persyaratan terpenuhi. PNS diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan.

Di mana, CPNS adalah bagian dari CASN atau Calon Aparatur Sipil Negara yang adalah profesi pegawai negeri. Sama halnya dengan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang ada di instansi pemerintah.

PPPK juga termasuk ke dalam ASN namun tidak semua ASN dan PNS bisa menjadi seorang Aparatur Negara dengan PPPK. PPPK adalah ASN yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu.

5. Persyaratan Seleksi CPNS 2022

CPNS 2022 tidak banyak menyaratkan sesuatu dikarenakan kuota yang terbatas pula, tetapi ada beberapa poin yang harus dipatuhi. Misalnya peserta tidak pernah dipidana dengan pidana dua tahun atau lebih.

Kemudian, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormata tas permintaan sendiria tau dengan tidak hormat sebagai PNS.

Dari berbagai informasi terkait CPNS juga formasi CPNS 2022, di atas adalah beberapa rangkuman penting untuk diketahui. Harapannya, calon peserta lebih siap untuk melakukan seleksi juga lebih memahami informasi saat ini.

Baca Juga: Sebelum Apply di Formasi CPNS BSSN, Pahami Dulu Skema Kerjanya

Syarat Umum yang Dipersyaratkan

Salah satu hal yang dipersyaratkan adalah tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, Prajurit atau Polisi RI. Tak hanya itu, peserta juga tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Di mana poin-poin tersebut tidak boleh dianggap remeh dan dikesampingan, karena akan mempengaruhi hasil seleksi Anda. kemudian satu persyaratan umum lainnya yaitu, tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, Prajurit, atau lainnya.

Anda yang sudah menjadi PNS, Prajurit, atau anggota kepolisian Negara RI tidak bisa mengikuti pendaftaran CPNS. Hal tersebut guna memberikan kesempatan bagi orang lain untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama.

Kemudian, peserta mmeiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang ingin dipilih saat seleksi. Lalu, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain sesuai perintah instansi pemerintahannya.

Setelah banyak informasi seputar formasi CPNS 2022, syarat umum seleksi, juga fakta-fakta kecil lainnya yang mendukung. Maka diharapkan masyarakat dapat memilih informasi yang benar untuk menunjang kesuksesan Anda mengikuti tes tersebut.


Leave a Comment