Bakal Diprioritaskan, CPNS Honorer Wajib Bersiap Maju di 2023

Beberapa waktu terakhir, tersiap kabar bahwa untuk rekrutmen CASN 2023 tentang peserta pengadaan seleksi CPNS honorer lebih diprioritaskan. Langkah tersebut merupakan jalan simpang agar status honorer benar-benar bersih dari sistem pemerintahan.

Namun, sayangnya hanya 4 formasi yang dicanangkan dan diutamakan untuk mengikuti serangkaian seleksi itu. Di antaranya adalah tenaga honorer guru, honorer tenaga kesehatan, tenaga pwnyuluh PPPK, dan tenaga teknis.

Kemudian, agar peserta masuk ke skala prioritas di seleksi CPNS honorer harus memenuhi kualifikasi yang ditetapkan untuk pendaftar. Yaitu, masuk kriteria Tenaga Honorer berusia maksimal 35 tahun, 40 tahun, atau maksimal 45 tahun. Untuk lebih lengkapnya, simak bagian berikut ini.


Kualifikasi Honorer yang Masuk Skala Prioritas

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kualifikasi yang disebutkan ialah mengenai usia. Berdasarkan ketentuan umumnya, calon peserta seleksi CPNS haruslah masyarakat yang masih berusia di bawah 35 tahun.

Sementara itu, pada pengadaan yang direncanakan akan dibuka tahun 2023, pemerintah menambah aturan khusus bagi tenaga honorer. Di antaranya, bisa melamar dengan usia maksimal 35 tahun dan harus punya masa kerja minimal 5 tahun.

Kedua, untuk peserta yang diprioritaskan adalah tenaga honorer berusia maksimal 40 tahun dan mempunyai masa kerja selama 5 hingga 10 tahun. Ketiga, tenaga honorer dengan maksimal usia 46 tahun dan syarat masa kerja telah mencapai 20 tahun atau lebih.

Keempat, khusus untuk tenaga honorer dokter, hanya diberikan syarat usia di bawah 46 tahun. Selain itu, wajib meneken kontrak sebagai bentuk kesediaannya mengabdi di tempat teroencil sekurang-kurangnya 5 tahun.

Masa kerja yang dimaksud adalah jangka waktu kerja dengan pelaksanaan berturut-turut secara terus-menerus. Tidak pernah berhenti selama beberapa tahun ddan masuk lagi sehingga masa kerja masuk ke jenis yang diperhitungkan.

Jika Anda merupakan salah satu dari kategori tersebut, sebaiknya mulai curi start dari sekarang untuk persiapan ikut seleksi Calon PNS. Jangan sampai kesempatan langka tersebut disia-siakan sehingga harapan lama Anda menjadi bagian pemerintahan lenyap seketika.

Nah, untuk memulai persiapan mengikuti seleksi, sebelum berlangsungnya tes CPNS honorer perlu menyiapkan beberapa hal berikut. Simak hingga tuntas!

Hal-Hal yang Perlu Disiapkan Honorer

Berikut adalah hal-hal yang wajib disiapkan sebelum tes Calon Pegawai Negeri Sipil berlangsung. Itu dilakukan agar saat mengikuti seleksi CPNS honorer bisa lulus dengan mulus.

1. Dokumen/Berkas untuk Lamaran

Yang paling dibutuhkan untuk melamar suatu jabatan, termasuk di status Calon PNS adalah dokumen data diri. Di antara data tersebut adalah Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan ijazah serta transkrip nilai.

Berikutnya adalah pas foto dengan format sesuai aturan, seperti background merah polos dengan ukuran maksimal 300 KB. Terakhir, peserta wajib memenuhi dokumen persyaratan lain sesuai aturan instansi tujuan.

2. Persiapan Mengikuti CPNS Honorer Guru

Berikut ini adalah persiapan khusus yang perlu disiapkan calon peserta seleksi CPNS 2023 dan ingin masuk skala prioritas. Di antaranya, ijazah dan transkrip nilai lulusan Strata-Satu atau Diploma-Empat dengan program studi linier untuk jabatan guru.

Selanjutnya, surat penugasan dari Kepala Dinas atau Kepala Sekolah yang menyatakan keaktifannya sebagai tenaga pendidik. Lampiran tersebut membuat data berupa minimal PIK atau NUPTK dan identitas diri lainnya, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, dan sebagainya.

Berikutnya, yang harus disiapkan adalah surat kesediaan mengisi jabatan kosong sebagai guru di sekolah yang berlokasi di mana saja. Termasuk daerah tertinggal dan terpencil yang butuh keberadaan tenaga pendidik.

3. Persiapan Mengikuti CPNS Honorer Tenaga Kesehatan

Persiapan umum pada peserta yang merupaka tenaga kesehatan dan akan melamar posisi nakes di status CPNS, sama seperti syarat lainnya. Sementara itu, satu lampiran yang sangat krusial dan wajib ada untuk melamar jabatan Calon PNS Tenaga Kesehatan atau Nakes adalah STR.

Untuk diketahui, STR merupakan Surat Tanda Registrasi yang bisa dimiliki dengan program P2KB dan mempunyai masa aktif 5 tahun. Sehingga, jika pun Anda sudah punya surat tersebut, penting memastikan masa aktifnya lagi.  Jangan sampai saat akan mendaftar, Anda baru sadar masa aktifnya akan habis, ya.

4. Pendaftar CPNS Penyuluh

Untuk diketahui, terdapat beberapa jenis tenaga penyuluh yang dibutuhkan pemerintah guna menjadi pemberi asupan pengetahuan pada masyarakat. Di antaranya, penyuluh pertanian, perikanan, dan peternakan.

Kabarnya, pusat atau fokus utama jabatan yang dibutuhkan di CPNS 2023 hanyalah penyuluh pertanian. Pelamar dipersyaratkan harus merupakan THL-TB atau Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian.

5. Mengikuti CPNS Honorer Teknisi

Bagi Anda yang berminat menjadi teknisi di Kementerian PUPR atau Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga perlu menyiapkan berkas. Yaitu, sebagaimana telah disebutkan di atas yang merupakan syarat umum dan sertifikat keahlian sebagai tambahan penting.

Sertifikat harus sesuai dengan jabatan yang akan dilamar, seperti desain interior dengan sertifikat desain interior, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan pendidikan Anda linier dengan posisi yang dituju di status Calon PNS.

Baca Juga: SK CPNS Adalah Salah Satu Syarat Dapat THR, Cek Nominalnya di Sini

Persiapan Lain Sebelum Mengikuti CPNS Honorer: Harus Lakukan Ini

Selain mempersiapkan hal-hal sebagaimana telah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa hal penting dan perlu diperhatikan selama belum daftar. Terdapat  hal penting yang perlu ada selama menanti kabar jadwal pelaksanaan CPNS 2023.

Di antaranya, jangan lupa selalu cek informasi terbaru dari https://sscasn.bkn.go.id/ atau ikuti dan pantai beritanya di sosial media resmi milik BKN. Selain itu, terus lakukan evaluasi diri dan mengukur apa yang kurang dan lebih dari diri Anda. Sehingga, Anda bisa lebih fokus pada yang sudah paham dan berusaha fokus pada pengetahuan yang belum sepenuhnya mengerti. Mengapa demikian?

Sebab, keduanya tetap harus seimbang. Jangan sampai terpatok pada yang belum diketahui sehingga sesuatu yang telah dikuasai jadi lupa akibat tidak dipelajari lagi.

Evaluasi diri juga termasuk pada pemilihan posisi yang jadi tujuan. Jika Anda merupakan lulusan PGSD, sebaiknya jangan mencoba ikut CPNS Dokter.

Sebab, tidak nyambung dan pasti langsung gugur di tengah jalan. Kemudian, yang harus diperhatikan sebelum CPNS honorer dari kategori tenaga apa pun perlu persiapan mental.

Mental dibutuhkan agar Anda selalu siap menerima pengumuman yang tiba-tiba, sebab jadwal terkadang meleset dari agenda. Selain itu, mental juga diperlukan agar Anda siap menghadapi seleksi dengan ribuan rival yang sama berjuang untuk satu jabatan.

Terakhir, Anda sangat perlu meluangkan diri untuk belajar secara khusus mengenai jabatan yang akan dilamar. Selain itu, jangan lupa doa sebagai pengiring terbaik dalam langkah atau usaha Anda menyusuri jalan menuju cita-cita sejak lama. Bukan, begitu?

Makin Antusias Ikut CPNS atau Tidak?

Demikianlah informasi seputar apa-apa yang perlu disiapkan tenaga honorer dari berbagai bidang yang bakal menjadi prioritas di pengadaan CPNS. Bagaimana, makin tertarik untuk ikut seleksi setelah tahu bakal diberikan prioritas atau biasa saja?


Leave a Comment