Beralasan Gaji, CPNS Kementerian Perhubungan Mundur Gagal Dapat Ini

CPNS kementerian perhubungan merupakan suatu lembaga pemerintah yang mengatur jalannya lalu lintas di negeri ini. Lembaga ini sangat penting peranannya dalam kelancaran aktivitas masyarakat sehari-hari terutama dalam berkomunikasi dan berlalu lintas.

Seputar CPNS Kementerian Perhubungan 2022

Kementerian perhubungan adalah suatu lembaga resmi pemerintahan Indonesia yang mengurus segala hal tentang transportasi. Lembaga ini bertugas mengatur segala hal tentang lalu lintas baik yang terdapat di darat, laut, maupun udara.

Badan ini termasuk lembaga tertinggi di bawah perintah dari menteri perhubungan secara langsung. Tugas menteri diantaranya adalah merancang kebijakan yang menguntungkan bagi dunia transportasi Indonesia.


Menteri juga memiliki wewenang penuh dalam memutuskan kebijakan yang bagus untuk transportasi. Tugas selanjutnya adalah mengatur segala urusan teknis yang terkait dengan perhubungan segala lini.

Kekayaan yang berasal dari bagian transportasi merupakan tugas pihak Kemenhub. Kemenhub merupakan singkatan atau nama lain dari kementrian perhubungan.

Pengaturan transportasi di tingkat daerah diatur oleh bagian Dishub sehingga teratur antara satu tempat dengan tempat lainnya. CPNS Kementerian perhubungan merupakan peserta yang sudah mengikuti seleksi pegawai negeri sipil dan dinyatakan lulus karena nilai mencukupi.

Seleksi tersebut selalu diadakan setiap tahun oleh masing-masing lembaga pemerintahan yang berwenang. Tingkatan lulusan diperlukan mulai dari lulusan SMA hingga sarjana yang memiliki kesempatan yang sama mengikuti tes tersebut.

Banyak peserta yang dinyatakan lulus CPNS Kementerian perhubungan tahun 2022  menyatakan diri mundur karena berbagai hal. Hal ini tentu sangat merugikan bagi lembaga pemerintahan tersebut karena tenaganya sangat diperlukan.

Terhitung ada 11 orang yang dinyatakan mengundurkan diri karena berbagai alasan yang disampaikan. Alasan yang mendominasi adalah gaji dan tunjangan yang sangat kecil yang tidak sesuai dengan kerja yang akan dilakukan.

Alasan lain adalah jauhnya penempatan sehingga peserta keberatan karena tidak sesuai keinginan yang pertama. Peserta menginginkan penempatan di daerah mereka mengikuti tes CPNS kementrian perhubungan dilangsungkan.

Yuk Intip Besaran Gaji dan Tunjangan Pada Dinas Kemenhub RI

Setiap orang yang mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil tentu menginginkan gaji yang sesuai dengan bidang kerjanya. Hal ini merupakan poin utama yang dipertanyakan untuk menunjang biaya hidup kedepannya.

Sebahagian daerah menerapkan besaran gaji sesuai UMR pada masing-masing tempat. Setiap tempat tentu berbeda dalam hitungan UMR yang ditetapkan.

Pemerintah sudah membagi beberapa wilayah dengan besaran UMR yang harus dibayarkan kepada pihak pekerja. Jadi, setiap perusahaan atau lembaga tinggal menyesuaikan dengan UMR masing-masing wilayah.

Bagi CPNS Kementerian Perhubungan akan memperoleh besaran gaji yang sama dengan wilayah lainnya di Indonesia. Perbedaannya adalah terletak pada tunjangan yang akan didapatkan oleh calon pegawai negeri sipil tersebut.

Tunjangan akan mengikuti UMR dari daerah lembaga tersebut menjalankan tugas dan kewajibannya. Adapun besaran gaji dan tunjangan apa saja yang akan diperoleh oleh CPNS Kementerian Perhubungan adalah sebagai berikut:

1.  Besaran Gaji Kemenhub

Gaji yang diperoleh oleh lembaga yang mengatur sistem transportasi ini dibagi menjadi beberapa golongan. Golongan pertama adalah pegawai yang merupakan lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah.

Golongan pertama ini dibagi menjadi empat tingkatan mulai dari golongan 1a, 1,b, 1c, dan 1d. Kisaran gaji yang diterima paling kecil adalah Rp1.5 juta hingga yang paling besar mencapai Rp2.6 jutaan.

Golongan kedua merupakan pegawai yang lulusan sekolah menengah umum hingga DIII. Golongan 2 juga terbagi menjadi empat kelompok besar yaitu 2a, 2b, 2c, dan 2d.

Gaji terendah golongan 2a sebesar Rp2 juta dan tertinggi senilai Rp3.8 juta. Kelompok selanjutnya adalah golongan ketiga. Ini merupakan lulusan sarjana dan dokter. Golongan 3 juga dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu 3a, 3b, 3c, dan 3d.

Kisaran gaji mulai dari Rp3 juta hingga yang paling besar mencapai Rp5.9 juta. Golongan terakhir adalah golongan 4.

Kelompok empat terbagi menjadi empat kategori juga yaitu 4a, 4b, 4c, dan 4d. Besaran gaji yang diterima mulai nominal Rp3 juta hingga Rp5.9 juta per pegawai.

2.  Tunjangan

Tunjangan yang diperoleh oleh CPNS Kementerian Perhubungan sangat beragam tergantung dimana daerah pegawai tersebut bekerja. Peraturan tunjangan pada setiap daerah diatur oleh pemimpin wilayah masing-masing.

Kota Jakarta memberikan tunjangan kepada kepala dinas lalu lintas sebesar Rp60 jutaan. Wakil dan sekretaris mendapatkan tunjangan sebesar Rp51 dan Rp 40 juta setelah mengemban tugas dan kewajibannya.

Staf dan pemimpin di bawahnya memiliki tunjangan yang berbeda tergantung tingkatan golongan yang dimiliki. Semakin besar golongan makan tunjangan yang diperoleh akan meningkat juga.

3.  Gaji 13 dan 14

Tunjangan lain yang akan Anda peroleh adalah gaji 13 dan 14. Kedua tunjangan tersebut bisa membantu Anda memiliki tabungan akhir tahun.

Anda akan mendapatkan gaji ke 13 bagi pegawai yang lulus seleksi pada dinas transportasi tersebut. Gaji 13 pegawai negeri bidang transportasi akan dibayar pada bulan Juli setiap tahun.

Sedangkan gaji 14 biasa diberikan oleh pemerintah menjelang hari raya lebaran. Pegawai negeri sipil akan memperoleh gaji 14 sebesar gaji pokok.

4.  Kendaraan Dinas

Selain tunjangan, pegawai negeri juga akan memperoleh kendaraan dinas baik berupa mobil atau motor. Kendaraan dinas berupa mobil biasanya diberikan kepada pimpinan tertinggi atau kepala bagian dari suatu lembaga pemerintahan.

Kendaraan dinas ini digunakan untuk memperlancar tugas yang akan dijalankan. Anda tidak boleh menggunakan kendaraan dinas ini untuk keperluan pribadi.

5.  Jaminan Kesehatan

Pegawai negeri sipil juga akan memperoleh jaminan kesehatan Selama masih bekerja di bawah lembaga pemerintahan. Anda bisa berobat dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Jaminan kesehatan sangat diperlukan untuk menjamin kesanggupan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Contohnya Anda mengalami kecelakaan dan harus melakukan operasi dengan segera.

Anda bisa menggunakan jaminan kesehatan yang sudah disediakan. Jaminan kesehatan tersebut juga berlaku untuk suami dan dua orang anak yang terhitung ke dalamnya.

Jika Anda memiliki anak lebih dari dua maka anak yang ketiga tidak mendapatkan jaminan kesehatan. Hal ini tentu sangat meringankan bagi siapa saja yang sedang terkena musibah.

Baca Juga: Banyak CPNS Kemenkumham Mundur, Ini Kerugian yang Didapat

Sudah Diterima, Jangan Memundurkan Diri Ya!

CPNS Kementerian Perhubungan merupakan suatu lembaga yang bernaung di bawah pemerintahan pusat. Dinas ini mengatur segala aktivitas di jalan raya, laut, maupun Bandar udara.

Tugas utamanya adalah mengeluarkan kebijakan yang berguna bagi perkembangan transportasi di Indonesia. Segala urusan administrasi dan lainnya dijalankan oleh dinas terkait.

Bagi yang sudah lulus di Kemenhub akan memperoleh gaji yang sesuai UMR dan banyak tunjangan yang didapatkan. Tunjangan tersebut berupa gaji 13 dan 14, kendaraan dinas, dan jaminan kesehatan.

Sangat disayangkan bagi yang mengundurkan diri sehingga tidak bisa mendapatkan semua fasilitas dan tunjangan yang disediakan. CPNS Kementerian Perhubungan diperoleh dari seleksi pegawai negeri yang diadakan setiap tahun oleh semua kementerian di bawah pemerintah Indonesia.


Leave a Comment