Berhubungan Baik dengan Negara Lain dengan Jadi Bagian CPNS Kemlu

CPNS Kemlu merupakan pegawai yang berurusan dengan segala persoalan di luar negeri. Lembaga ini berurusan dengan politik dan nama baik Indonesia. Terutama dengan negara lain melalui jalinan kerjasama yang terjalin antar dua negara.

Apa Itu CPNS Kemlu?

Kemlu adalah kepanjangan dari kementerian luar negeri yang berarti berurusan dengan negara asing. Suatu negara tidak bisa berdiri sendiri karena membutuhkan bantuan dari negara lainnya.

Banyak hal yang membuat suatu negara saling terkait antara satu dengan lainnya. Salah satu alasannya adalah kekayaan alam yang ada pada suatu negeri tertentu seperti minyak bumi dan batubara.


Sumber daya alam tersebut tidak akan didapatkan pada kebanyakan kawasan Eropa maka jalannya adalah melakukan kerjasama. Kerjasama ini tentu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Bagi kawasan Eropa memiliki pasokan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengisi energi listrik pada kawasan tersebut. Indonesia mendapatkan keuntungan berupa pemasukan uang yang bernilai dan bisa dipakai untuk pembangunan lebih baik lagi.

CPNS Kemlu merupakan pegawai yang sudah menyelesaikan kuliah sarjana dengan berbagai syarat tertentu. Pegawai tersebut juga sudah dinyatakan lulus tes CPNS sesuai kemampuan yang dimilikinya.

Syarat paling penting menjadi pegawai kementerian luar negeri adalah bisa menguasai minimal satu bahasa asing. Bahasa asing yang diperlukan biasanya Inggris yang diakui sebagai bahasa internasional.

Hal ini karena CPNS Kemlu dituntut untuk selalu berhubungan dengan banyak negara lain dalam menjalin kerjasama. Jika pekerja tidak bisa menguasai bahasa asing tentu proses kerja sama dan komunikasi akan terhambat.

Komunikasi merupakan hal penting dalam mencari bantuan atau menjalin kerja sama dengan negara lain.Komunikasi yang baik akan menampakkan citra yang positif bahwa Indonesia pantas menjalin kerja sama dengan negara asing.

Lembaga ini termasuk kantor yang tidak bisa dibubarkan oleh presiden karena termasuk pilar penting dalam suatu negara. Keberadaan lembaga ini menunjukkan harga diri Indonesia di mata dunia.

 Tugas, Fungsi, dan Informasi Tentang Kemlu

Kementerian luar negeri dipimpin oleh seorang menteri yang memiliki tanggung jawab terhadap kedaulatan Indonesia di mata dunia. Tugas seorang menteri luar negeri sangat berat seperti mencari dukungan dunia internasional.

Sang menteri juga memiliki tugas menjalin kerjasama dan membawa nama Indonesia ke kancah internasional. CPNS Kemlu merupakan orang pilihan yang sudah melalui seleksi ketat baik dalam penguasaan bahasa asing maupun dalam public speaking.

Menteri luar negeri juga bisa menggantikan tugas presiden jika berhalangan atau sedang tidak bekerja. Hal ini karena keberadaan lembaga ini sangat penting dalam tatanan pemerintahan.

CPNS Kemlu juga harus bisa memperkenalkan kesenian dan sumber daya alam Indonesia pada dunia luar. Adapun beberapa tugas, fungsi, dan kisaran gaji CPNS Kemlu sebagai berikut:

1.  Tugas dan Fungsi

Setiap kementerian memiliki tugas dan fungsi yang berbeda setiap bagiannya. Tugas kemlu adalah menjalankan urusan pemerintahan Indonesia pada bagian luar negeri seperti diplomasi.

Diplomasi yang baik dilakukan dengan memperkenalkan keunikan serta keragaman Indonesia kepada masyarakat dunia. Pencatatan warga negara Indonesia yang tinggal sebagai warga negara asing juga menjadi tanggung jawab lembaga tersebut.

Siapa saja yang mengalami masalah di luar negeri bisa melaporkan diri kepada kedutaan yang ada pada setiap negara. Hal ini untuk memudahkan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Fungsi kementrian ini sendiri terdiri dari beberapa hal. Fungsi pertama yaitu merumuskan segala kebijakan tentang hubungan dan politik luar negeri.

Kedua adalah melakukan koordinasi hubungan dengan negara asing sesuai undang-undang yang berlaku. Ketiga, membuat kebijakan berupa strategi untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar.

Keempat, memberikan pembinaan kepada setiap cabang yang bekerjasama dengan Kemlu dalam melaksanakan tugasnya. Fungsi selanjutnya bertugas menjaga dan mengelola barang kekayaan yang dimiliki negara dengan baik.

Fungsi terakhir adalah sebagai pengawas pekerjaan di lembaga luar negeri tersebut dan menjalankan perintah yang diberikan oleh pemimpin negara. Perintah tersebut bisa berbentuk apapun yang berhubungan dengan pihak asing.

2.  Lambang dan Semboyan

Lambang dari lembaga ini berupa bola dunia, burung merpati, dan delapan pilar berwarna kuning. Bola dunia terdiri dari mata rantai sebanyak 45, padi sejumlah 19 buah, dan kapas sebanyak 8 buah.

Ketiga lambang pada bola dunia tersebut melamnbangkan berdirinya lembaga ini pada tahun 1945 setelah kemerdekaan. Lambang kedua berupa burung merpati yang berarti damai dengan dominan kuning di dalamnya.

Lambang terakhir berupa delapan pilar yang mencerminkan gedung pancasila sebagai lambang perjuangan bangsa. Sedangkan, semboyan yang dijunjung dikenal dengan Caraka Bhuwana.

Caraka Buana memiliki makna sebagai utusan yang ditugaskan kepada berbagai pelosok tempat yang ada di dunia.

3.  Hubungan Terjalin

Kemlu memiliki beberapa tugas dalam persahabatan dunia internasional. Ada beberapa hubungan kekerabatan yang terjalin antara Indonesia dengan negara lain.

Hubungan pertama dinamakan hubungan negara ASEAN dimana ini adalah hubungan Indonesia dengan negara Asia Tenggara. Ada 10 negara terlibat seperti Malaysia, Singapura, dan lainnya.

Kemudian hubungan kedua dinamakan bilateral yaitu hubungan dengan lebih dari 162 pihak asing dengan saling menguntungkan. Hubungan ketiga disebut hubungan multilateral yang berfokus pada bagian aturan hukum internasional.

Lalu yang keempat merupakan hubungan regional yang terlibat dengan organisasi dunia seperti APEC, ACD, dan PIF. Hubungan terakhir berupa bergabung dengan organisasi internasional seperti Human Right. dan WTO.

4.  Organisasi Kemenlu

Organisasi yang terlibat bekerja pada lembaga luar negeri ini yang menduduki jabatan tertinggi adalah sekretariat jenderal. Staf yang terlibat adalah direktorat jenderal Asia Pasifik., Amerika dan Eropa, dan bagian kerja sama Asean.

Lalu, bagian kerjasama multilateral, hukum dan perjanjian internasional, serta diplomasi public. Jabatan kedua tertinggi diduduki oleh inspektorat Jenderal dengan beberapa bagian seperti bidang politik, hukum, dan lainnya.

5.  Kisaran Gaji

CPNS Kemlu memiliki gaji tetap seperti kementrian lainnya pada bagian pemerintahan. Besar gaji untuk eselon 4 sekitar Rp6 juta perbulan yang didapatkan oleh pegawai berpangkat IV.

GAji paling rendah adalah lulusan sekolah menengah nominal Rp1.5 hingga Rp2.5 juta. Pegawai yang menerima gaji tersebut berpangkat golongan rendah atau pertama.

Pegawai negeri sipil pada kementerian luar negeri juga akan mendapatkan tunjangan pensiun, keluarga, anak, dan medis. Fasilitas yang akan dimiliki berupa rumah dinas, kendaraan, dan uang transport, dan uang makan.

Baca Juga: Pertahankan Negara dengan Jadi Bagian CPNS Lemhannas RI

Ayo Jadi Bagian dari CPNS Kemlu

CPNS Kemlu memiliki banyak keuntungan jika bisa melewati ujian masuknya. Keuntungannya berupa mendapatkan gaji tetap, fasilitas penunjang, dan uang tunjangan.

Tugas kementerian dalam negeri berlaku pada bagian diplomasi, kerja sama, politik, dan hubungan bilateral. Hubungan yang terjalin dengan pihak luar negeri seperti ASEAN, organisasi dunia dan Human Right.

Pegawai lembaga iniharus menguasai bahasa asing dengan baik serta mampu menjalin kerjasama dengan pihak luar. CPNS Kemlu bisa melakukan perjalanan dinas yang menyenangkan ke berbagai negara luar di dunia. Lebih lanjut, yuk kunjungi laman resmi https://kemlu.go.id.


Leave a Comment