CPNS Harus Lulusan Apa? 10 Jurusan Ini Prospektif untuk Jadi ASN

Sebagai rekrutmen nasional yang membuka puluhan bahkan ratusan lowongan, pertanyaan jadi CPNS harus lulusan apa patut diajukan. Sebab, untuk menjadi bagian Calon Pegawai Negeri Sipil, hal pertama yang harus disesuaikan adalah latar belakang pendidikan.

Dengan background akademik yang sesuai, pemerintah percaya jika pegawai bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya. Bagi yang bertanya untuk mengikuti seleksi CPNS harus lulusan apa, berikut adalah beberapa jurusan dengan jumlah kebutuhan terbanyak.

Jurusan-Jurusan Berpeluang Besar Jadi CPNS

Program studi berikut bisa dijadikan referensi bagi yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di masa depan. Selain itu, ini juga bisa menjawab pertanyaan masyarakat yang penasaran, sebetulnya untuk menjadi bagian CPNS harus lulusan apa.


1. Hukum

Hukum merupakan jurusan yang begitu dipentingkan dalam susunan pegawai pemerintahan. Sebab, orang-orang dengan jurusan Hukum bisa menjadi penasihat untuk kestabilan instansi, pemerintahan, dan lain-lain.

Untuk diketahui, peluang bagi lulusan Hukum di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil terbilang cukup banyak. Tidak hanya instansi hukum, seperti Kejaksaan Agung dan Kemenkumham, tetapi lembaga lainnya juga membuka kesempatan besar untuk lulusan ini.

Seperti, Kementerian Agama, Mahkamah Agung, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, dan masih banyak lagi.

2. Kesehatan

Dunia medis akan selalu diperlukan setiap masanya, dulu, sekarang, dan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, orang-orang yang paham dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan juga sama dibutuhkannya.

Sebagai informasi, kabar mengenai Indonesia masih defisit tenaga kesehatan sudah beredar sejak bertahun-tahun lalu. Terlebih, untuk posisi seperti spesialis di bidang tertentu.

Data menunjukkan bahwa sebagian besar puskesmas di Maluku hingga Papua belum mempunyai dokter. Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono menyebut bahwa jumlah dokter di Indonesia baru 0.67% dari total kebutuhan.

Karenanya, pemerintah masih menjadi media yang bertugas mendistribusikan pegawai ke tempat-tempat pelayanan kesehatan. Meski demikian, hingga saat ini pegawai dengan jabatan tenaga kesehatan masih tersebut kurang.

3. Pendidikan

Bidang pendidikan merupakan salah satu jurusan yang selalu memadati persyaratan akademik di deretan lowongan Calon PNS. Terutama di pengadaan CPNS Kemendikbud dan Kemenristekdikti yang sekarang menyatu menjadi Kemendikbudristek.

Ada berbagai formasi yang disediakan untuk masyarakat dengan latar belakang jurusan Pendidikan. Bahkan, bukan hanya di periode tertentu, Pendidikan merupakan program studi yang akan senantiasa dibuka setiap tahunnya.

Sebab, kebutuhan tenaga pendidik di Indonesia masihlah banyak, terlebih untuk penempatan di daerah-daerah terpencil. Peserta seleksi CPNS dengan background prodi pendidikan bisa menduduki jabatan guru atau dosen dengan berbagai pilihan mata pelajaran.

4. Teknik

Salah satu jawaban dari pertanyaan untuk mendaftar CPNS harus lulusan apa adalah jurusan Teknik. Seperti diketahui, ada berbagai bidang teknik yang dipelajari di berbagai kampus di Indonesia.

Di antara yang paling banyak dibutuhkan adalah Teknik Fisika, Kimia, Pertambangan, Lingkungan, Perminyakan hingga Teknik Industri. Selain itu, jurusan Teknik Sipil, Perkapalan, Elektro, hingga Teknik Mesin juga menjadi jurusan yang dibutuhkan di CPNS.

Terutama, di Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), Badan SAR Nasional, hingga Kementerian Pembangunan Umum Perumahan Rakyat.

5. Psikologi

Program studi selanjutnya yang banyak dibutuhkan di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil adalah Psikologi. Sebagai jurusan di bidang kesehatan, yakni mental, lulusan Psikologi mempunyai banyak jabatan di CPNS yang berpeluang didapatkan masyarakat.

Salah satu instansi yang membuka banyak lowongan untuk lulusan ini adalah Kementerian Luar Negeri. Contohnya, Asesor SDM Aparatur, Analis Pengembangan Kompetensi, Analis Kompetensi Pengajar, Analis Kerja Sama Diklat, dan lain sebagainya.

6. Manajemen

Serupa dengan Psikologi, bagi yang penasaran menjadi CPNS harus lulusan apa, prodi Manajemen juga punya banyak peluang di Kemenlu. Di antara yang bisa dipilih adalah posisi arsiparis, analis kelembagaan, penata kanselerai, perencana, dan masih banyak lagi.

Selain di Kemenlu, instansi lain juga memberikan kesempatan kerja dengan jumlah kuota yang tidak sedikit. Contohnya, Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan lain sebagainya.

7. Politik dan Pemerintahan

Dalam ketentuan pelamar CPNS terdapat syarat yang menyebut bahwa peserta seleksi tidak boleh merupakan bagian dari organisasi politik. Namun, itu bukan berarti jurusan Politik dan Pemerintahan tidak tersedia di struktur civil government.

Sebagai pegawai di pemerintahan, jurusan Politik dan Pemerintahan jelas sangat dibutuhkan. Terutama, untuk instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Untuk itu, bagi yang ingin tahu untuk melamar jabatan CPNS harus lulusan apa, Politik dan Pemerintahan adalah salah satu jawabannya. Sebagai informasi, contoh lembaga pemerintah yang banyak membuka lowongan untuk lulusan ini adalah Kementerian Sosial.

8. Ekonomi Pembangunan

Secara garis besar, Ekonomi Pembangunan tidak jauh berbeda dengan program studi ekonomi lainnya. Mahasiswa jurusan ini akan mendapatkan pengetahuan seputar ekonomi makro dan mikro, pengantar bisnis, perekonomian Indonesia, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, Kementerian BUMN merupakan salah satu lembaga pemerintah yang menyediakan banyak formasi untuk lulusan Ekonomi Pembangunan. Selain BUMN, Kementerian Keuangan, hingga Kementerian Luar Negeri juga memberi kesempatan lulusan Ekonomi Pembangunan untuk bergabung.

9. Teknologi Informasi

Semua orang tahu bahwa prodi Information Technology atau IT mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Namun, tidak hanya di perusahaan swasta, instansi pemerintah juga sangat membutuhkan lulusan Teknologi Informasi.

Salah satu jabatan di CPNS dengan kualifikasi Teknologi Informasi adalah pengadministrasi. Untuk diketahui, berbagai instansi pemerintah, baik itu kementerian maupun non-kementerian selalu membutuhkan keberadaan pengadministrasi.

Dari banyaknya jurusan yang dibutuhkan, Teknik Informasi menjadi salah satu jawaban untuk pertanyaan menjadi CPNS harus lulusan apa.

10. Bahasa Inggris

Menguasai bahasa internasional merupakan salah satu standar keprofesionalan yang saat ini banyak ditetapkan sebagai kualifikasi lowongan pekerjaan. Baik sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil maupun pekerjaan lainnya.

Untuk diketahui, ada banyak pilihan jabatan yang bisa dipilih lulusan program studi Bahasa Inggris di rekrutmen CPNS. Di antaranya, Staf di instansi pemerintah, Menteri di luar negeri, Staf di Kantor Dubes, Konsultan,  dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, instansi yang banyak membutuhkan jabatan dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Bahasa Inggris adalah Kementerian Luar Negeri. Namun selain itu, ada Kejaksaan Agung yang juga menetapkan syarat fasih berbahasa Inggris di banyak jabatan kosongnya.

Baca Juga: Hal-Hal yang Tidak Boleh Disepelekan di SKB CPNS Wawancara

Siap Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil?

Setelah mengetahui beberapa jurusan yang paling dibutuhkan di instansi pemerintah hingga kementerian maupun non-kementerian, saatnya Anda menentukan. Jabatan apa yang akan Anda tuju di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil nanti.

Sebagai informasi, untuk mengetahui syarat mendaftar CPNS harus lulusan apa dan ketentuan lainnya, Anda bisa memantau informasi di SSCASN. Selain itu, masyarakat juga bisa mengetahui selengkapnya di laman resmi Badan Kepegawaian Negara, yaitu https://bkn.go.id/.

Tidak hanya dari website, Anda juga bisa mendapatkan serba-serbi pengadaan calon Aparatur Sipil Negara formasi PNS di media sosial resminya. Yaitu, @bkngoidofficial.

Setelah tahu menjadi CPNS harus lulusan apa saja, bagaimana? Sudah siap menjadi bagian Calon Pegawai Negeri Sipil dan mengabdi untuk negara serta masyarakat?


Leave a Comment