CPNS Ijazah SMA Masuk Golongan II dengan Alokasi Gaji Berikut

Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil tidak hanya memberi kesempatan bagi peserta bergelar sarjana, tetapi ada juga CPNS ijazah SMA. Sebagaimana sebutannya, peluang ini bisa dimasuki oleh orang-orang yang mempunyai ijazah Sekolah Menengah Atas.

Artinya, apabila lulusan sarjana ingin mendaftar di lowongan CPNS golongan II ini, harus memakai ijazah SMA-nya. Hal ini bisa terjadi sebab menurut informasinya, kuota formasi terbanyak sering ada di jabatan untuk CPNS ijazah SMA. Selengkapnya, di bawah ini, ya.

Seputar Jabatan untuk CPNS Ijazah SMA

Berikut adalah ulasan seputar jabatan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil berijazah SMA. Simak sampai tuntas, ya.


1. Berapa Kuota Formasi untuk CPNS Ijazah SMA?

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kuota formasi untuk peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil SMA bisa terbilang banyak. Hal ini tentu menjadi angin segar, bukan?

Ambil contoh di penyelenggaraan seleksi tahun lalu. Kemenkumham membuka lowongan dengan jumlah sekitar 4000 formasi kosong.

Menariknya, sebagian besar formasi tersebut, yakni lebih dari 3000 kuota disediakan untuk formasi CPNS ijazah SMA. Sisanya, harus diisi oleh peserta dengan pendidikan terakhir lebih tinggi dan sebagian kecil bisa diisi oleh lulusan SD/SMP.

Dari jumlah kuota ini, bukan tidak mungkin pelamar jabatan yang bisa melamar posisi lebih tinggi memilih jabatan dari bawah. Yakni, menggunakan ijazah SMA-nya untuk ikut rekrutmen dan tes CPNS.

Karena itu, tentu peluang besar bisa terasa sempit akibat banyaknya peserta yang berkemungkinan melamar posisi untuk posisi Calon PNS ini. Demikian juga, calon peserta tetap harus memantapkan persiapan agar nilai ujian tidak kalah oleh pelamar jabatan yang sudah sarjana.

2. Instansi yang Membuka Lowongan untuk Peserta Lulusan SMA

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah salah satu instansi yang memberi peluang untuk peserta dengan pendidikan terakhir SMA. Selain itu, terdapat Kejaksaan Agung yang menduduki posisi kedua instansi dengan lowongan CPNS ijazah SMA terbanyak di tahun 2021.

Kementerian lain yang juga mempunyai formasi kosong untuk lulusan ini adalah Kementerian Pertahanan serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu, terdapat Kementerian Perhubungan dengan variasi jabatan yang bisa dipilihnya, dan Kementerian Pertanian dengan formasi yang bisa dicoba.

Jika kurang berminat dan kualifikasi tidak sesuai dengan sejumlah instansi di atas, pelamar juga bisa memilih di tempat lainnya. Seperti di beberapa instansi yang merupakan lembaga non-kementerian berikut ini.

Bagi yang siap bertugas di wilayah perairan Indonesia, bisa memilih Badan Keamanan Laut atau Bakamla. Selain itu, bisa juga memilih Badan Intelijen Negara atau BIN bagi Anda yang memiliki minat di bidang intelijen.

Kemudian, terdapat Badan Search and Rescue Nasional atau Basarnas yang bisa dipilih oleh Anda yang berjiwa relawan.

3. Jabatan yang Bisa Ditempati Peserta CPNS Ijazah SMA

Untuk diketahui, jumlah jabatan dari tiap-tiap instansi di atas rata-rata berjumlah dua saja. Namun, meskipun tidak banyak pilihan posisinya, kuota formasi yang diberikan cukup tinggi sehingga peluang lolos berkemungkinan lebih besar.

Seperti pada Kemenkumham yang hanya membuka lowongan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian. Sementara itu, jabatan di Kejagung atau Kejaksaan Agung di antaranya adalah Pengawal Tahanan dan Pengadministrasi Penanganan Perkara.

Di Kementerian Pertahanan terdapat posisi Pemula–Kataloger dan Pengemudi Ambulans. Kemudian, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terdapat posisi Pengendali Ekosistem.

Tidak hanya itu, terdapat pula dengan posisi yang akan sangat menantang yang mengampu jabatan. Pasalnya, tugas pegawai bisa jadi harus di kawasan hutan langsung dan mengawasi serta melindungi keamanan makhluk hidup di dalamnya.

Yaitu, Polisi Kehutanan atau Pelaksana Pemula. Selanjutnya, di Badan Intelijen Negara terdapat posisi Pengadministrasi Rekam Medis dan Peramu Laboratorium.

Kemudian, di Basarnas Anda bisa memilih posisi Rescuer Pemula, Nakhoda Kapal Kelas III, Mualim, Markonis, Juru Mudi, dan lain-lain. Selanjutnya, di Kementerian Perhubungan terdapat posisi Teknisi Sarana Prasarana, Pemula–Penguji Kendaraan Bermotor, AVSEC, dan masih banyak lagi.

Berikutnya di Kementan atau Kementerian Pertanian terdapat posisi Perawat Ternak, Pengelola Instansi Ternak, hingga Pemula–Pemeriksa Karantina Tumbuhan. Di Badan Keamanan Laut atau Bakamla, Anda bisa memilih posisi Juru Mesin, Konstabel, Oiler, Jenang Kapal, dan beberapa jabatan lainnya.

4. Gaji Calon Pegawai Negeri Sipil Lulusan SMA

Sebagai informasi, gaji pegawai negeri sipil ditentukan oleh golongan yang ditempatinya. Sementara itu, golongan Calon PNS ditentukan oleh pendidikan terakhir pegawai sendiri.

Untuk diketahui, terdapat 4 (empat) golongan yang ada di struktur jabatan Pegawai Negeri Sipil. Di antaranya, Golongan I atau pangkat Juru, Golongan II atau pangkat Pengatur, dan Golongan III atau pangkat Penata.

Selain itu, terdapat juga Golongan IV atau disebut pangkat Pembina.Dalam hal ini, jika seseorang mendaftar menggunakan ijazah SMA, artinya akan masuk Golongan II.

Kemudian, berdasar pada aturannya, persentase gaji Calon PNS adalah 80 persen. Dari itu, dapat diketahui jumlah gaji untuk seorang Penata Muda adalah sebagai berikut.

80/100 × 2.022.200 = 1.617.760

Jadi, jika peserta CPNS ijazah SMA lulus dan diangkat menjadi Calon PNS, gaji yang didapatkannya sekitar Rp1.6 jutaan.

5.  Cara Mendaftar CPNS Lulusan SMA

Untuk diketahui, peserta dapat mendaftarkan diri di rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di tautan https://sscasn.bkn.go.id/. Namun, sebelum melakukan pelamaran posisi, calon peserta seleksi CPNS wajib registrasi akun SSCASN terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan NIK, Nomor KK, dan Nomor Induk Keluarga milik ayah untuk mendapatkan akun. Selanjutnya, isikan email dan buat password untuk login kembali ke tautan tersebut.

Jika sudah memiliki akun, upload semua data yang diminta sistem. Input juga pas foto formal dengan ketentuan yang berlaku, yakni background merah polos.

Jika sudah selesai, calon peserta dapat memilih formasi sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki pelamar dan kebutuhan instansi. Sebelumnya, klik formasi ASN sebagai “CPNS” dan tentukan jabatan dan instansi yang akan dituju.

Jika sudah selesai, lengkapi berkas-berkas lain sebagai pemenuhan persyaratan yang diberikan instansi. Jangan lupa untuk cek kembali resume guna menghindari kesalahan data yang bisa berakibat fatal untuk pelamar.

Baca Juga: Poin Penting CPNS Imigrasi dan Persyaratan Bagi Pelamar

Memilih Formasi Lulusan SMA

Dari informasi yang tertulis di atas, dapat Anda lihat sebagian dari banyaknya posisi untuk lulusan SMA/sederajat. Namun, penting dicatat bahwa itu merupakan data tahun 2021 sehingga Anda perlu mencari tahu informasi update lainnya.

Anda bisa memantau laman BKN untuk melihat jumlah formasi kosong untuk SMA yang bisa jadi lebih banyak. Akan tetapi, penting diingat juga bahwa meskipun kuota formasinya cukup tinggi, usaha Anda untuk lulus juga harus dimaksimalkan.

Sebab, kompetisi dipastikan lebih ketat lagi karena banyaknya pelamar yang ingin mendapatkan satu kursi dari posisi tersebut. Jadi, persiapkan diri Anda menuju seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil periode selanjutnya!


Leave a Comment