CPNS SMA dan Manfaatnya untuk Para Pelamar yang Lulus Seleksi

CPNS SMA adalah salah satu formasi yang disediakan instansi pemerintah dalam pengadaan calon Aparatur Sipil Negara jabatan PNS. Seperti diketahui, untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil, pendidikan tidak menjadi syarat utama.

Yang paling penting adalah memenuhi setiap persyaratan administrasi dan bisa melewati berbagai tahapan seleksi. Meskipun sebagian jabatan mengharuskan pelamar menguasai keahlian tertentu, tetapi tidak sedikit juga formasi yang tidak mensyaratkan hal tersebut.

Contohnya adalah CPNS Kemenkumham dengan jabatan Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian. Kabarnya, tidak ada skill khusus yang harus dimiliki pelamar untuk menjadi bagian pegawai dengan posisi tersebut.


Hanya saja, uji kompetensi berupa ujian CAT tetap harus dilewati. Untuk itu, calon peserta CPNS SMA sebaiknya mempersiapkan diri dengan mencari pengetahuan seputar jabatan yang dituju.

Alasannya, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika Anda lulus seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil lulusan SMA. Apa saja?

Manfaat-Manfaat Jadi CPNS Setelah Lulus SMA

Bagi yang bingung dengan apa yang sebaiknya dilakukan setelah lulus sekolah menengah atas, mendaftar rekrutmen CPNS SMA bisa dipilih. Pasalnya, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika berhasil menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil setelah lulus.

Di antaranya adalah memulai karier dari bawah bisa memberikan pengalaman dan pengetahuan lebih luas dan tidak terbatas. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan lebih tinggi meskipun masih memegang jabatan di instansi pemerintah. 

Dengan sekolah kembali dan mendapatkan gelar sarjana atau bahkan pascasarjana, pegawai bisa naik pangkat hingga jabatan tertinggi. Keuntungan selanjutnya, berbagai tunjangan bisa didapatkan sejak usia muda.

Kemudian, Anda juga termasuk orang yang beruntung karena bisa menduduki formasi CPNS atau bahkan PNS dengan ijazah SMA. Lantas, bagaimana cara agar bisa menjadi CPNS SMA?

Persyaratan yang Harus Dipenuhi Peserta

Untuk menjadi peserta Calon Pegawai Negeri Sipil lulusan SMA, calon pelamar harus memenuhi syarat khusus yang ditetapkan tiap-tiap instansi. Berikut informasi selengkapnya.

1. Syarat Khusus di Basarnas

Untuk menjadi bagian CPNS Basarnas, terdapat ketentuan khusus yang mengharuskan pelamar berusia maksimal 25 tahun. Selain itu, tinggi peserta laki-laki minimal 165 cm, sedangkan tinggi wanita adalah 158 cm.

Tiap-tiap peserta harus mempunyai bobot badan ideal  dan tidak memakai tindik, tato, atau memiliki bekas tersebut. Pelamar di rekrutmen instansi ini merupakan orang-orang yang mempunyai kesehatan dari segi jasmani, rohani, dan psikologi.

Pelamar diharuskan tidak mempunyai fobia ketinggian, punya skill berenang, dan belum menikah. Terakhir, harus bersedia menandatangani pernyataan bahwa dirinya tidak akan menikah selama jadi CPNS.

2. Syarat Khusus di Badan Intelijen Negara

Di Badan Intelijen Negara, pelamar wajib mempunyai background pendidikan sesuai dan kemampuan sesuai ketentuan. Selain itu, pelamar dengan banyak pengalaman di organisasi akan lebih diutamakan.

Kesehatan jasmani hingga penglihatan menjadi syarat khusus yang harus dipenuhi pelamar. Jika menggunakan kacamata, maksimal ukuran lensanya adalah 1.0, baik miopia maupun hipermetropia.  Selain itu, pelamar mempunyai tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.

3. Syarat Khusus di Kementerian Pertanian

Untuk mengikuti CPNS SMA di Kementerian Pertanian, syarat utamanya adalah mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan bidang yang dilamar. Yakni, di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, hortikultura,  dan atau kesehatan hewan.

Syarat lainnya adalah mempunyai nilai rata-rata minimal 7.00 (Tujuh koma nol-nol).  Jika peserta merupakan lulusan luar negeri, nilai ijazah dapat disetarakan di Kemendikbud.

4. Syarat Khusus di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Peserta lulusan SMA yang mengikuti CPNS KLHK dapat memilih jabatan Polisi Kehutanan untuk menjadi bagian kementerian ini. Pendaftar wajib mempunyai minimal tinggi 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita.

Peserta mempunyai kesehatan yang mumpuni, tidak berkacamata, tidak cacat badan, dan tidak menderita buta warna. Selain itu, kesehatan tulang peserta juga harus dibuktikan dengan hasil rontgen dari dokter PNS atau rumah sakit pemerintah.  Pastikan membaca seluruh persyaratan yang ditetapkan instansi.

5. Syarat Khusus di Kejaksaan Agung

Bagi calon peserta seleksi yang akan mengikuti CPNS Kejaksaan Agung lulusan SMA, Anda perlu tahu mengenai syarat khususnya. Yaitu, minimal nilai ijazah pendaftar adalah 7.00 (Tujuh koma nol nol).

Daftar Instansi yang Membuka CPNS SMA

Untuk diketahui, berikut adalah beberapa lembaga pemerintah yang kerap membuka lowongan untuk lulusan SMA lengkap dengan jabatannya. Simak hingga tuntas!

1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, salah satu instansi yang membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil lulusan SMA adalah Kemenkumham. Umumnya, jabatan yang tersedia adalah Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian.

Meskipun hanya ada dua pilihan, kuota lowongan di instansi ini tidak pernah sedikit. Buktinya, pada tahun 2021, pemerintah memberikan kuota sebesar 4.000-an di CPNS Kemenkumham untuk lulusan SMA.

2. Kejaksaan Agung

Dikenal sebagai instansi bergengsi di Ibu Kota dengan pegawai rata-rata sarjana, Kejaksaan Agung juga memberikan kesempatan untuk lulusan SMA. Di rekrutmen Calon PNS, terdapat posisi pengawal tahanan dan pengemudi tahanan/kapten yang disediakan.

3. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Salah satu formasi yang biasa dibuka untuk lulusan SMA di kementerian ini adalah Polisi Kehutanan. Setiap kali rekrutmen diadakan, jabatan ini sepertinya tidak pernah absen untuk mendapatkan pegawai baru.

4. Kementerian Pertanian

Umumnya, posisi yang tersedia di instansi ini untuk lulusan SMA adalah jabatan fungsional dan pelaksana. Sebagaimana beberapa bidang yang telah disebutkan, formasi yang dibuka adalah seputar jurusan tersebut.

Contohnya, Paramedik Veteriner, Pemula-paramedik Karantina Hewan, Pemula-pengawas Benih Tanaman, Pemelihara Kebun, dan lain sebagainya.

5. Basarnas

Umumnya, jabatan untuk lulusan SMA di instansi ini cukup banyak. Namun, salah satu yang paling populer dan sering kali dibutuhkan adalah Pemula-Rescuer.  Peserta diharuskan mempunyai sertifikat renang untuk bisa mendaftar jabatan ini.

6. Badan Intelijen Negara

Rata-rata, peserta CPNS BIN yang lolos nantinya akan dialokasikan ke Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional. Beberapa juga ditempatkan di Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.  Posisi Pranata Komputer Pelaksana-pemula adalah formasi yang sering dibuka instansi ini.

7. Kementerian Perhubungan

Beberapa jabatan yang kerap dibuka di rekrutmen CPNS Kementerian Perhubungan adalah Juru Mudi, Jenang Kapal, Kerani, hingga Avsec. Selain itu, masih banyak lowongan menjadi CPNS SMA di instansi ini.

8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Meskipun jarang dibuka, tetapi Kemendikbud juga mempunyai posisi khusus untuk lulusan SMA. Yaitu, Teknisi Pemetaan dan Penggambaran, Teknisi Laboratorium, serta Pengadministrasi Keuangan.

Selain instansi di atas, masih ada lembaga lain yang juga membuka kesempatan lebar untuk lulusan SMA. Seperti, Badan Narkotika Nasional, Kementerian Keuangan, Badan Usaha Milik Negara, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Fakta-Fakta Lowongan CPNS Rekam Medis untuk Calon Pelamar

Pilih Jadi CPNS SMA di Mana?

Setelah mengetahui beberapa syarat khusus hingga daftar instansi yang membuka lowongan CPNS SMA, saatnya Anda menyesuaikan. Instansi mana dan jabatan apa yang paling tepat untuk dijadikan tujuan ketika mengikuti rekrutmen nanti.

Namun sebelum itu, pastikan Anda memantau informasi dari https://sscasn.bkn.go.id/ guna mengetahui berita resminya. Selain itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin menjelang pengadaan CPNS nanti.


Leave a Comment