Info Menarik Seputar Pengadaan CPNS Jurusan Manajemen, Apa Saja?

Merupakan salah satu program studi yang punya peluang, maka CPNS jurusan manajemen memiliki sederet fakta menarik di pengadaan ini. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

Pengertian CPNS Jurusan Manajemen

Sebelum mengulas fakta-fakta menarik mengenai CPNS jurusan manajemen, bukan salah Anda mengetahui maksud dari sebutan di atas. Untuk diketahui, nama tersebut bukan merupakan jabatan  yang ada di pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Melainkan, satu jurusan yang dibutuhkan di lembaga pemerintahan atau dalam susunan pegawai CPNS sehingga menjadi CPNS jurusan manajemen. Jurusan ini banyak diminati calon mahasiswa sebab punya lapangan kerja yang luas, salah satunya di rekrutmen CPNS.


Seputar Fakta di CPNS Jurusan Manajemen

Berikut adalah info seputar fakta menarik dari pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dengan kualifikasi pendidikan Strata-Satu jurusan manajemen. Baca sampai selesai, ya.

1. Minat Masyarakat yang Tinggi

Tidak hanya pada musim penerimaan mahasiswa baru, Manajemen juga menjadi salah satu top rank jurusan yang paling sering terlihat. Bedanya, saat masa PMB, orang-orang ingin menjadi bagian dari program studi tersebut.

Sementara itu, pada pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, masyarakat sudah membawa gelar tersebut untuk melamar jabatan. Dari data CPNS 2018, terdapat lebih dari 160 ribu peserta berasal dari program studi Manajemen.

Hal ini terjadi karena sebuah alasan tertentu, yakni besarnya peluang peserta menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil.

2. Besarnya Peluang Menjadi CPNS

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, ada banyak kursi jabatan di pemerintahan untuk masyarakat dengan gelar S1 Manajemen. Bukan satu atau dua, melainkan puluhan jabatan dengan instansi berbeda-beda.

Hal ini tentu menjadi fakta menarik di CPNS jurusan manajemen, khususnya bagi orang-orang dengan prodi manajemen di masa kuliah. Lantas, apa dan di mana saja jabatan yang tersedia untuk lulusan jurusan ini?  Simak di poin berikutnya

3. Banyaknya Lembaga yang Membutuhkan

Berdasarkan data pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2021, berikut adalah nama instansi dengan jabatan yang tersedia untuk lulusan manajemen. Pertama, Kementerian Luar Negeri yang punya belasan posisi untuk orang dengan program studi ini.

Kedua, ilmu yang berhubungan dengan tanggung jawab supaya perusahaan atau organisasi tetap berjalan juga dibutuhkan di Kejaksaan Agung. Ketiga, Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN juga menyediakan peluang untuk peserta dengan latar belakang pendidikan S1 manajemen.

Keempat, terdapat di lembaga pemerintah non-kementerian yang memiliki tanggung jawab di bidang pencarian dan pertolongan. Yaitu, Badan Search and Rescue Nasional.

Kelima, lulusan ini juga diperlukan di lembaga hukum yang didominasi oleh masyarakat dengan background pendidikan sekolah kedinasan, yaitu Polri. Keenam, Kementerian Badan Usaha Milik Negara memiliki beberapa formasi yang bisa dijadikan alternatif sebagai profesi Anda di masa depan.

Ketujuh, ada kementerian yang punya sederet posisi teknisi, yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia. Di antara lembaga tersebut berikut adalah jabatan yang dibuka tahun 2021 dan berkemungkinan dibuka tahun 2023.

4. Jabatan di Kemenlu

Di antara posisi yang tersedia di Kementerian Luar Negeri adalah, Perencana, Arsiparis, dan Analis Sumber Daya Manusia Aparatur. Selanjutnya, terdapat Penata Kanselari, Analis Kelembagaan, dan Analis Diklat.

Selain itu, terdapat juga formasi Analis Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan. Kemudian, ada posisi Analis Organisasi, Analis Pengembangan Kompetensi, hingga Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja.

Berikutnya, tersedia jabatan Analis Kerja sama Diklat. Selain itu, masih banyak lagi formasi lain yang bisa diisi lulusan manajemen di Kementerian Luar Negeri.

5. Jabatan di Kejagung

Meski tidak sebanyak di Kemenlu, jabatan di Kejaksaan Agung juga tidak kalah menjadi incaran pendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Di antara formasi yang bisa dipilih calon peserta rekrutmen CPNS jurusan manajemen adalah tingkat Ahli Pertama di dua jabatan.

Yaitu, formasi Penilaian Pemerintah dan juga Perencana. Bagaimana, tertarik melamar salah satunya?

6. Jabatan di Badan Siber dan Sandi Nasional

Beberapa jabatan yang dapat dipilih peserta dengan jurusan manajemen di instansi ini adalah Analis Diklat. Selanjutnya, posisi Analis Kemahasiswaan, dan juga Analis Kemitraan.

7. Jabatan di Basarnas

Formasi untuk lulusan S1 Ilmu Manajemen di instansi ini di antaranya, Analis Barang Milik Negara dan Penata Laporan Keuangan. Selain itu, terdapat jabatan Penyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran yang juga merupakan posisi penting di Basarnas.

8. Jabatan di Polri

Menjadi satu-satunya jabatan yang dibuka di kantor Kepolisian Negara Republik Indonesia, Analis Laporan Keuangan cukup diminati masyarakat/pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil.

9. Jabatan di Kementerian BUMN

Instansi yang tidak kalah punya banyak pilihan jabatan untuk lulusan manajemen adalah kementerian dengan menteri saat ini Erick Thohir. Di antara posisi tersebut adalah Ahli Pertama untuk beberapa bidang. Seperti Penata Kelola Perusahaan Negara yang dibutuhkan Wakil Menteri I dan Wakil Menteri II di BUMN.

Selain itu, terdapat Penata Kelola Perusahaan Negara untuk Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko. Kemudian, Penata Kelola Perusahaan Negara untuk Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan.

Berikutnya, Penata Kelola Perusahaan Negara untuk Deputi Bidang SDM atau Sumber Daya Manusia. Terakhir, Analis Pengelolaan Keuangan APBN untuk Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

10. Jabatan di Kementerian PUPR

Untuk diketahui, rata-rata pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Republik Indonesia adalah Diploma. Meskipun ada prodi Strata-Satu, tetapi tidak sebanyak di instansi lain.

Meski begitu, Anda bisa tetap mencoba satu-satunya jabatan untuk lulusan S1 Ilmu Manajemen di Kementerian PUPR. Yaitu, Ahli Pertama Pengelolaan Pengadaan Barang dan atau Jasa.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Kode Etik CPNS Indonesia Sesuai Peraturan Pemerintah

Jabatan CPNS Jurusan Manajemen yang Paling Banyak Diincar Masyarakat

Dari beberapa jabatan tadi, terdapat beberapa formasi yang merupakan salah satu posisi paling banyak diminati pelamar. Setiap kali pengumuman adanya rekrutmen di jabatan tersebut, jumlah pelamarnya tidak pernah sedikit.

Di antara jabatan tersebut adalah Ahli Pertama Analis APBN di BUMN dan Ahli Pertama Analis SDM Aparatur di Kemenlu. Selanjutnya, jabatan Analis Organisasi di Kementerian Luar Negeri atau Kemenlu, Pranata Barang Bukti, hingga Ahli Pertama Pustakawan.

Tertarik Mengikuti CPNS Jurusan Manajemen?

Sebagaimana pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa persaingan di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk jurusan manajemen sangatlah ketat. Terlebih, beberapa jabatan tidak hanya mensyaratkan pelamar berasal dari satu prodi saja, tetapi memberi kesempatan bagi jurusan yang selaras.

Banyaknya peminat atau pelamar jelas akan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap peserta, mungkin termasuk Anda juga. Untuk itu, Anda perlu persiapan pengetahuan yang sangat baik sebelum mendaftar seleksi di https://sscasn.bkn.go.id/.

Anda bisa memulai persiapan dengan belajar secara mandiri ataupun berkelompok, baik secara online maupun offline. Dengan begitu, Anda akan makin terasa siap saat terdapat pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara bahwa pendaftaran resmi dibuka.

Nah, jadi bagaimana, siap menambah wawasan sejak sekarang guna mempermulus jalan menuju jabatan dengan sebutan CPNS jurusan manajemen? Yuk, jangan sia-siakan waktu yang luang untuk mempersiapkan diri menuju pengadaan CPNS di tahun depan!


Leave a Comment