Info Seputar Akronim dan Istilah CPNS untuk Dipelajari Para Pelamar

Salah satu hal yang harus dipahami pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil adalah istilah CPNS dan hal-hal terkait. Apa saja istilah CPNS itu?

1. Istilah Mutasi

Menurut istilah CPNS mutasi merupakan proses perpindahan pegawai instansi satu ke instansi lainnya. Biasanya proses mutasi yang dialami setiap pegawai paling cepat 2 tahun dan paling lama 5 tahun.

Peristiwa mutasi pada setiap pegawai ini sebenarnya sudah dijelaskan saat penandatanganan kontrak kerja. Akan tetapi banyak dari pada pegawai yang tidak siap akan hal tersebut, dengan alasan butuh pembiasaan terhadap lingkungan baru.


Juga kesulitan adaptasi dengan teman dilingkungan baru dan lain sebagainya. Tetapi ada juga mutasi yang sangat ditunggu bagi pegawai.

Seperti pegawai yang awalnya bertugas jauh dari rumah kemudian mutasi ke wilayah dekat tempat tinggal.

2. ODP

Organisasi Perangkat Daerah seringkali dikenal dengan istilah ODP. Merupakan lembaga pemerintah yang memegang tanggung jawab terhadap kepala daerah.

Misalnya sekretariat daerah, DPRD, dan inspektorat. Ini merupakan istilah baru yang dulu lebih dikenal dengan istilah SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

3. Paket Meeting

Ini merupakan suatu istilah saat ada pertemuan yang diselenggarakan diluar wilayah perkantoran. Ada beberapa paket meeting yang biasanya dibuat seperti fullboard (bermalam), fullday, atau juga halfday.

Paket meeting juga biasa dipakai saat rapat diluar ruangan (outdoor) biasanya dibarengi dengan kegiatan outbound. Semua aktifitas yang dilakukan saat paket meeting ini gratis, alias pegawai yang bersangkutan tidak dipungut biaya apapun.

Karena semua biaya dan fasilitas akan ditanggung oleh pemerintah, atau instansi yang memberikan tugas. Tujuan diadakannya paket meeting ini selain mendapatkan suatu keputusan atau hasil dari diskusi.

Para peserta rapat dapat dapat merefresh kembali dari aktifitas rutin. Sehingga saat kembali bekerja dan mengevaluasi kembali hasil rapat tadi bisa tersampaikan dengan baik.

4. Istilah PDH

Untuk seragam uang digunakan sehari-hari ini sering disebut dengan istilah PDH. Ada berbagai macam PDH dari setiap instansi pemerintah.

Misalnya warna khaki yang seringkali dipakai oleh para PNS dilingkungan pemerintah daerah. Ada juga warna hitam putih yang dipakai saat waktu tertentu.

Semua pakaian PDH digunakan pada waktu yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. Selain itu seluruh pegawai negeri juga memakai atribut yang sama di seluruh Indonesia.

5. Perjadin

Singkatan yang perlu dipelajari di istilah CPNS selanjutnya ialah Perjadin (Perjalanan Dinas). Mendapatkan tugas ini para pegawai negeri sipil ini biasanya melakukan perjalanan yang telah ditetapkan oleh dinas.

Apabila seorang PNS melakukan perjalanan dinas akan mendapatkan uang transportasi serta uang harian. Hal dikarenakan yang bersangkutan menjalankan tugas kedinasan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

6. Istilah PLH

PLH merupakan singkatan dari Pelaksana Harian, diperuntukkan bagi orang yang menggantikan tugas pejabat yang resign atau berhenti. Sebab dari berhenti sendiri juga bermacam-macam seperti pensiun, meninggal atau pejabat yang dipecat.

PLH ini juga bisa dilakukan para pegawai yang baru dilantik menjadi pegawai negeri agar lebih siap melaksanakan tugas nantinya. Memang bersifat sementara, tetapi bisa jadi jikalau kinerja bagus akan bersifat selamanya. Atau sebagai pengganti kursi kosong di suatu instansi yang ditinggal oleh pegawainya.

7. PP 94

Ada lagi istilah yang wajib diketahui dari para CPNS yakni PP 94. Merupakan singkatan dari peraturan pemerintah nomor 94 yang diterbitkan pada tahun 2021 tentang kedisiplinan.

Lebih sering dikaitkan dengan sanksi atau hukuman bagi para PNS. PP ini perlu dilakukan agar para pegawai dapat dengan disiplin akan segala hal yang menjadi tanggung jawabnya.

Juga agar tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan sehingga bisa merugikan negara dan instansi.

8. PPK

Dalam istilah CPNS juga ada singkatan PPK yang merupakan singkatan dari pejabat pembuat komitmen. Ini merupakan suatu perjanjian pegawai akan tanggung jawab seluruh tugas yang akan dilaksanakan.

Bertanggung jawab penuh akan seluruh tugas pengadaan barang serta jasa pada suatu instansi pemerintah. PPK dilakukan sebelum proses pelantikan, hal ini dilakukan agar para pegawai dapat bertanggung jawab akan tugasnya nanti.

Paham betul dengan tugasnya dan tidak akan mengabaikan tugas-tugasnya yang seharusnya dilakukan. Sehingga tidak merugikan negara dan instansi.

9. PPNPN

Merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, ditujukan kepada para pegawai kontrak dalam instansi. Adapun pekerjaan tersebut seperti sopir, petugas kebersihan, petugas keamanan dan lainnya.

Lebih dikenal dengan sebutan pegawai honorer. Meskipun termasuk pegawai honorer akan tetapi yang bersangkutan tetap menerima gaji serta tunjangan yang telah ditetapkan.

Meskipun nominal tidak sama dengan pegawai negeri biasanya. Akan tetapi hal tersebut tidak terlalu dipermasalahkan karena perihal jabatan, gaji sampai tunjangan telah ditetapkan saat penandatanganan kontrak.

10. Prajabatan

Istilah prajabatan digunakan untuk para pegawai yang melakukan pelatihan sebelum benar-benar diangkat menjadi PNS. Tujuannya agar para CPNS dapat mengemban tugas dengan baik saat menjadi pegawai negeri.

Diklat prajabatan dilakukan setahun setelah menjadi CPNS, agar peserta lebih siap dengan tanggung jawabnya. Prajabatan ini juga lebih menekankan pada pegawai tentang tanggung jawab serta tugas serta kinerja yang akan dilaksanakan nantinya.

Ditujukan untuk pegawai agar lebih siap dalam menjalani tugas serta konsekuensi akan seluruh tugas.

11. Rate Transport

Istilah ini merupakan suatu rincian akan biaya transportasi yang akan diterima PNS saat akan melakukan perjalanan kedinasan. Untuk besaran yang akan diberikan juga sesuai dengan surat keputusan dari masing-masing instansi.

Perjalanan dinas yang akan dilakukan oleh pegawai yang ditunjukkan secara langsung ataupun tidak langsung (tertulis dalam surat penugasan).

12. Istilah RDK

RDK merupakan kegiatan rapat yang dilakukan di hari-hari kerja akan tetapi diluar jam dinas. Singkatan dari Rapat Dalam Kantor, rapat ini bisa jadi yang bersangkutan akan mendapatkan uang saku.

Bahkan uang transportasi serta konsumsi (uang makan), semua itu akan ditanggung oleh instansi yang telah menunjuk pegawai yang bertugas. Akan tetapi pegawai yang ditunjukkan melakukan RDK ini tidak bisa mendapatkan uang lembur. Meskipun demikian itu tidak menjadi persoalan karena telah diberitahukan sebelumnya.

Baca Juga: 10 Istilah dalam Kamus CPNS, Pelamar Wajib Tahu!

13. Istilah Revisi

Revisi disini bukanlah perbaikan akan tugas yang salah dikerjakan. Akan tetapi perpindahan mata anggaran dari satu instansi ke instansi lainnya.

Tujuannya untuk penghematan anggaran dan bisa dikeluarkan pada saat ada kegiatan yang sifatnya mendadak. Peristiwa tersebut bisa jadi terjadi kapanpun, apabila memang terjadi dan untuk anggaran tidak perlu khawatir lagi.

Tentu saja ini merupakan cara jitu dalam menyiasati anggaran, lebih hemat serta data keuangan lebih tertata. Sehingga tidak melakukan pengambilan anggaran lainnya sehingga tidak akan terjadi pembengkakan dalam pengeluaran anggaran.

Anda dapat mempelajari singkatan dari istilah CPNS agar tidak bingung nantinya. Para CPNS wajib mengetahui dan mengerti betul tentang singkatan tersebut.


Leave a Comment