STIS Beri Ruang untuk Kuliah dan Berkesempatan Jadi CPNS BPS

Tertarik menjadi bagian dari CPNS BPS? Salah satu sekolah kedinasan ini dapat dijadikan jalan menuju kursi di lembaga Badan Pusat Statistika.

Sebagaimana informasi yang beredar, seleksi Calon PNS tidak dibuka untuk umum dan akan dibatasi di tahun-tahun berikutnya. Kebijakan tersebut bertujuan mengecilkan jumlah pegawai pemerintah dan memodernisasi sistem pemerintahan agar lebih baik lagi.

Sebagai gantinya, Menpan RB dan juga kementerian lainnya menyediakan lowongan ASN dengan formasi PPPK. Meski demikian, seleksi CASN untuk PNS tetap ada dengan tahapan sekolah kedinasan.


Skema tersebut dapat dimanfaatkan sesegera mungkin. Pasalnya, selain kebijakan baru CPNS,  rancangan teranyar sistem seleksi ini juga makin memberikan keuntungan bagi lulusan Perguruan Tinggi Kedinasan.

Seputar Politeknik Statistika, Jembatan untuk Jadi CPNS BPS

Bagi Anda yang tertarik menjadi CPNS, gelar itu dapat didapatkan setelah kuliah di PTK yang memiliki ikatan dengan dinas. Salah satunya adalah Politeknik Statistika atau STIS.

Jadi, selain mendapatkan wawasan umum, di PTK mahasiswanya alan disiapkan untuk terjun ke tahap CPNS langsung. Dalam hal ini berarti CPNS BPS atau lembaga pusat statistika, baik pusat maupun pemerintah daerah.

Berikut merupakan informasi seputar Politeknik Statistika yang bisa menjadikan mahasiswanya jadi CPNS BPS setelah sarjana. Simak hingga tuntas, ya.

1. Sekilas Badan Pusat Statistika

Badan Pusat Statistika merupakan lembaga non-kementerian yang bertanggung jawab langsung pada pemimpin tertinggi negara, yakni Presiden. Tugasnya mengolah data, menyiapkan, dan sederet tanggung jawab lain yang tertera dalam PP Nomor 86 Tahun 2007.

Setiap tahunnya, Menteri PAN RB menugaskan kedinasan seperti BPS untuk merekrut pegawai baru, yakni dengan seleksi CPNS BPS. Namun, kebijakan tahun 2022 sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, rekrutmen CPNS akan dibatasi mulai saat ini.

Meski demikian, skema sekolah kedinasan akan tetap dibuka sebagai bentuk peluang bagi lulusan PTK.

2. Politeknik Statistika

Berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, kampus ini memiliki ikatan dinas langsung dengan BPS. Dengan demikian, setiap lulusannya dapat langsung menjadi CPNS BPS setelah selesai masa studi.

3. Syarat Masuk Agar Bisa Sekolah CPNS BPS

Persyaratan masuk ke kampus dengan ikatan dinas ini tidak jauh berbeda dengan ketentuan kampus lainnya. Seperti, dinyatakan sehat jasmani dan rohani.

Selain itu, terdapat beberapa kualifikasi lain yang ditetapkan sekolah kedinasan ini. Di antaranya, siswa lulusan SMA sederajat dengan jurusan MIPA atau IPS dan berusia mulai dari 16 hingga 22 tahun.

Bagi lulusan SMK sederajat, peminatan Teknik Komputer dan Informatika diprioritaskan. Sementara itu, untuk nilai rata-rata raport minimal 80,00 pada pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris.

Selanjutnya, calon mahasiswa belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa studi berlangsung hingga diangkat menjadi PNS. Bersedia mematuhi semua aturan yang diberlakukan dan menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas.

Tidak hanya itu, aturan berikutnya juga mengharuskan calon mahasiswa bersiap dan sedia ditempatkan di mana saja setelah lulus kuliah. Seperti halnya lulus tes CPNS.

Calon mahasiswa juga wajib membuktikan dirinya tidak mengidap penyakit mata, seperti miopia, dan lain sebagainya. Siswa juga tidak tergantung pada kacamata atau lensa kontak.

4. Tahapan Seleksi Masuk STIS

Selayaknya menuju CPNS, masuk Politeknik Statistika atau biasa disebut juga sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Statistika ini juga mengadakan seleksi. Sistemnya pun sama, siapa yang lebih layak akan maju, sementara yang lainnya harus berjuang lagi di kesempatan berikutnya.

Bedanya, hanya pada tahapan-tahapan tesnya saja. Mengingat STIS merupakan sekolah bidang CPNS maka di seleksi ini tidak ada Seleksi Kompetensi Bidang.

Terdapat tiga rupa ujian yang harus dihadapi calon mahasiswa Politeknik Statistika, di antarnya (1) Seleksi Kompetensi Dasar dengan sistem Computer Assisted Test atau CAT. (2) Matematika dan Psikotes menggunakan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer atau UMBK.

Terakhir, (3) Tes Kesehatan dan Kebugaran guna menyiapkan mahasiswa yang berpotensi menyelesaikan pendidikan selama 4 tahun di asrama sebaik-baiknya.

5. Program Studi

Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Pusat Statistika atau CPNS BPS skema ini dapat memilih salah satu dari prodi berikut. Di antaranya adalah D4 Komputasi Statistik, D4 Statistika, dan D3 Statistika.

Sebagai informasi, ketiga program studi di atas nantinya dapat langsung ditempatkan di berbagai posisi yang tersedia di BPS. Kemungkinannya, CPNS BPS lulusan D4 Statistik akan bekerja di bagian Integrasi dan Pengolahan Data Statistik (IPDS).

Sementara itu, untuk lulusan D4 Statistika berpeluang ditempatkan di bagian analisis atau ahli statistik. Untuk lulusan D3 Statistik, bisa mendapatkan posisi di bagian Koordinator Statistik Kecamatan.

6. Keunggulan untuk Bisa Jadi CPNS BPS

Tidak hanya mendapat tunjangan berupa masa depan yang bisa dianggap terencana, kuliah di PTK Statistika disebut-sebut gratis sampai lulus. Calon mahasiswa hanya perlu membayar biaya administrasi saja, sedangkan asrama, makan, bahkan uang saku bisa diberikan pemerintah.

Siapkan Diri Menjadi CPNS BPS Lewat STIS

Siapa yang tidak tertarik dengan berbagai keuntungan dari politeknik ini? Kuliah dan mendapatkan wawasan luas, tempat tinggal diakomodasi, serta siap dialokasikan di lembaga pemerintahan.

Terlebih lagi, mengemban pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan ini dinyatakan gratis alias tanpa biaya. Hal itu tentu menjadi jaminan yang paling berperan bagi sebagian orang agar menyelesaikan pendidikannya.

Tidak ada alasan berhenti karena terhambat biaya, sebab segenap kebutuhan kuliah telah ditanggung pemerintah. Bahkan prospek kerja bagi lulusan pun sudah ditentukan sehingga masa depan dapat dikatakan ‘bukan hal yang perlu dipikirkan’.

Jadi, persiapkan diri menjadi bagian CPNS BPS saja sebaik mungkin, hindari over thinking tentang permasalahan yang kurang penting. Cukup pelajari semua materi, pahami, dan kuasai kompetensi yang dibutuhkan Badan Pusat Statistika agar prospek kerja jadi nyata.

Itulah ulasan seputar Sekolah Tinggi Ilmu Statistika atau Politeknik Statistika yang dapat dijadikan jalur menuju CPNS di BPS. Tertarik menjalani studi di kampus gratis ini?


Leave a Comment