Yang Ditunggu, Info Lengkap Seputar THR CPNS 2022

THR CPNS 2022 diberikan menjelang hari raya idul fitri setiap tahun oleh pemerintahan pusat kepada pegawainya di setiap daerah. Berikut informasi seputar THR CPNS 2022 dibawah ini.

THR CPNS 2022

Tunjangan hari raya adalah hak bagi setiap karyawan atau siapa saja yang bekerja pada suatu lembaga. Lembaga yang wajib membayarkan tunjangan hari raya adalah pemerintah, perusahaan, yayasan, dan lembaga yang berwenang.

Tunjangan hari raya pada perusahaan diberikan kepada pekerja mendekati hari keagamaan. Jika seseorang beragama Kristen maka diberikan menjelang natal atau tahun baru.


Bagi pemeluk agama Hindu dan Budha tunjangan diberikan menjelang hari keagamaan mereka. Sedangkan, pemeluk Islam biasanya tunjangan hari raya cair pada sepuluh hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Tunjangan hari raya juga akan didapatkan oleh orang yang bekerja pada bidang pemerintahan seperti presiden, dokter, dan guru. THR CPNS 2022 telah diatur dalam undang-undang dasar mengenai pemberian tunjangan pada PNS.

Tunjangan ini banyak ditunggu oleh banyak CPNS menjelang hari raya. Dana ini bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan selama hari raya berlangsung.

THR CPNS 2022 bisa dimasukkan ke dalam kategori pendapatan di luar gaji yang diterima. Aturan pemerintah yang engetur tentang tunjangan hari raya bagi CPNS tercantum dalam PP No.36 tahun 2019.

Isinya adalah tentang pemberian tunjangan kepada pihak TNI/Polri, Anggota kepolisian dan pejabat pemerintahan. Gaji tiga belas juga telah diatur dalam peraturan pemerintahan dalam PP No.35.

Jadi, selain tunjangan hari raya CPNS juga akan mendapatkan gaji ketiga belas yang akan diberikan menjelang akhir tahun. Tujuan pemberian tunjangan hari raya adalah sebagai penghargaan kepada pejabat pemerintahan.

Penghargaan diberikan untuk jasa-jasa pekerja selama mengabdi dalam kerja pada pemerintah. Besaran penghasilan biasanya dibayarkan sebesar gaji satu bulan.

Pemberian tunjangan hari raya juga untuk membantu memenuhi kebutuhan selama hari raya berlangsung.

Syarat Mendapatkan THR CPNS 2022

Ada beberapa syarat untuk mendapatkan THR CPNS 2023 bagi yang bekerja di bidang pemerintahan. Syarat tersebut adalah sebagai berikut:

1.  CPNS Minimal 1 Tahun

Adapun syarat pertama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan THR CPNS 2022 adalah sudah menjadi CPNS. Kedua, harus sudah terdaftar aktif sebagai CPNS selama satu tahun bekerja sehingga sudah Nampak jasanya.

Anda bisa menjadi PNS dengan cara mengikuti seleksi CPNS yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah. Anda bis amemilih jurusan apa saja yang diinginkan.

Pastikan Anda adalah sudah menyelesaikan minimal pendidikan sarjana sehingga bisa mengikuti seleksi tersebut. Anda juga bisa mempersiapkan bahan yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi PNS.

Keunggulan menjadi PNS adalah memiliki gaji tetap setiap bulan serta pensiun masih memiliki gaji. Anda juga akan mendapatkan tunjangan baik THR maupun gaji tiga belas.

Tanggung jawab seorang pegawai negeri sipil sangat berat. Jadi, pastikan Anda sanggup menjalankan kewajiban sebagai pegawai negeri sipil.

2.  Tidak Sedang Cuti

Syarat kedua mendapatkan THR CPNS 2022 adalah tidak dalam masa cuti baik sakit atau lainnya. Jika Anda sedang mengajukan cuti maka tunjangan hari raya tersebut tidak akan diberikan.

Hal ini karena tidak ada kontribusi yang Anda lakukan selama cuti. Pengajuan cuti biasanya diikuti dengan tidak adanya beban kerja yang ditanggung.

Cuti membuat Anda bebas tanpa memikirkan pekerjaan yang akan dilakukan. Hal ini membuat Anda bisa melakukan sesuatu lainnya selain pekerjaan seperti mengerjakan kegemaran yang tertunda.

Pengajuan cuti biasanya dilakukan karena adanya keperluan mendesak atau sedang sakit keras. Sakit yang menyebabkan seseorang tidak bisa bekerja secara maksimal.

3.  Pengajuan THR CPNS 2022 Sesuai Aragab Pemerintah

Syarat ketiga yang harus dipenuhi adalah mengajukan permintaan tunjangan hari raya kepada pemerintah. Pengajuan ini dilakukan oleh lembaga tempat Anda bekerja dengan mendata jumlah pekerja keseluruhan.

Data yang sudah ada akan dikumpulkan dan dikirim untuk diproses lebih lanjut. prose pengajuan dilakukan enam bulan sebelum pencairan dana.

Lembaga harus memastikan semua data masuk untuk menerima tunjangan hari raya tersebut. Jika ada yang terlewat maka lembaga tersebut yang harus bertanggung jawab,

Pengajuan biasanya diajukan kepada kantor BKKN. Kantor ini adalah lembaga yang berwenang dalam mencairkan dana berupa tunjangan dan lainnya.

Kantor BKKN akan mulai melakukan pendataan secara berkala setelah data diterima. Lembaga ini juga akan memverifikasi ulang kepada lembaga terkait sebelum melakukan pencairan dana.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada data yang tidak masuk. Jadi, pekerjaan ini sangat beresiko tinggi dan memerlukan ketelitian yang bagus.

4.  Pencairan Oleh BKKN

Syarat keempat adalah tunjangan akan dicairkan oleh pihak BKKN. Pihak BKKN akan memproses semua data yang sudah masuk menjelang dua bulan sebelum dana cair.

Proses pencairan ini pertama adalah mengecek secara ulang data apakah sesuai dengan yang diajukan oleh lembaga terkait. Lalu, dana akan dibagikan sesuai jabatan yang diampu oleh setiap orang.

Tunjangan hari raya berbeda antara setiap orang dengan lainnya. Besaran tunjangan akan ditentukan oleh jabatan apa yang sedang diduduki.

Pegawai negeri yang memiliki golongan empat akan menerima tunjangan lebih besar daripada yang golongan tiga. Masa kerja lama juga mempengaruhi besaran tunjangan yang akan diterima oleh setiap orang.

5.  Besaran Tunjangan Hari Raya

Tunjangan hari raya akan dibayarkan sebesar satu kali gaji. Jika gaji pokok mencapai empat jutaan maka tunjangan yang diterima sejumlah yang sama.

Jika besaran gaji mendekati dua jutaan maka tunjangan yang akan didapatkan juga dua jutaan. Pembayaran akan keluar atau cair biasanya sepuluh hari menjelang hari raya.

Uang tunjangan ini sebagai bukti kerja keras PNS selama bekerja dalam tahun tersebut. Pensiunan PNS juga akan mendapatkan tunjangan sebanyak gaji pokok setiap bulannya.

Dana tersebut sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan baik pokok atau lainnya. anda bisa menggunakan dana tunjangan hari raya untuk memenuhi kebutuhan tersier Anda selama liburan berlangsung.

Baca Juga: Rangkaian Dokumen untuk Dapat SK CPNS di Bogor Hingga SK Pensiun

Siap-siap Rencanakan Finansial untuk Lebaran

Tunjangan hari raya akan diberikan kepada siapa saja CPNS yang sudah terdaftar secara resmi sebagai pegawai pemerintah. CPNS juga harus mengikuti berbagai seleksi untuk terdaftar sebagai pegawai negeri sipil.

Banyak keunggulan menjadi seorang pegawai negeri sipil. Keunggulan yang pertama adalah Anda akan memiliki pekerjaan tetap yang pasti mendapatkan gaji setiap bulannya.

Pegawai negeri sipil juga akan mendapatkan berbagai tunjangan yang diberikan sebagai tanda jasa. Kelebihan lainnya juga akan memiliki jaminan hari tua berupa gaji pensiunan.

Pegawai negeri sipil juga akan diberikan berupa tunjangan hari raya setiap tahunnya. Selain tunjangan hari raya Anda akan mendapatkan gaji tiga belas.

Semua kelebihan tersebut merupakan tanda jasa dan penghargaan terhadap kerja keras pegawai negeri sipil. Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk keperluan selama masa hari raya berlangsung.

Tunjangan hari raya juga akan berbeda kebijakannya dari pemerintah setiap tahunnya. Untuk selalu mendapatkan informasi terkini tentang THR CPNS 2022 Anda bisa mengikuti kebijakan dari pemerintah setempat.


Leave a Comment